Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Perdana dalam sejarah FISIP, FISIP UPNVJ menginisiasi untuk mengadakan diseminasi tugas akhir bagi mahasiswa untuk dapat menginspirasi, memberikan semangat dan mendapatkan informasi serta pengetahuan tentang tugas akhir.

Acara ini diadakan dimulai jam 09.00 WIB yang dibuka oleh Anindita Lintangdesi Afriani, M.Si. Sambutan untuk acara ini oleh Dr. Fitria Ayuningtyas – Wakil Dekan bidang Akademik FISIP.

Fitria menjelaskan sedikit tentang Perraturan Menteri Kemendikburistekdikti no 53 tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Dilanjutkan paparan oleh Ilnafi Sabilal Khaq (2010413094), alumni Prodi S1 Ilmu Politik yang mengambil tugas akhir skema Publikasi Artikel berhasil di published di Jurnal Wacana Politik terakreditasi SINTA 2 dari Universitas Padjadjaran. Ilnafi memberikan tips bagaimana dapat sampai terpublished di Jurnal tersebut yaitu harus proaktif dan sering-sering cek di https://sinta.kemdikbud.go.id/ Artikel tersebut dapat diakses di https://jurnal.unpad.ac.id/wacanapolitik/article/view/51967.

Kemudian dilanjutkan dengan paparan Zoltan Shaquille Pranasyah Jenie (1910412076), alumni Prodi S1 Hubungan Internasional yang mengambil Skripsi dengan judul CULTURAL HEGEMONY ANALYSIS: The Sino-American Rivalry and the Struggle for Hegemonic Position in Indonesia Through Multinational Corporation and Technology. Zoltan merupakan mahasiswa ke-3 di FISIP yang menyelesaikan Skripsi dengan menggunakan full English. Zolfan menegaskan bahwa timeline dan konsisten merupakan hal yang sangat fundamental agar dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu sehingga berkorelasi dengan kelulusan tepat waktu. Zolfan pun menyatakan bahwa komunikasi intens harus dibangun dengan Dosen Pembimbing dan Dosen Pengujinya.

Pembicara terakhir yaitu Muhammad Abdan Syakuro (2010411123), Nasha Aisyah Pranata (2010411055), Muhammad Halbi Qastalany Syibli (2010411022). Mereka alumni Prodi S1 Ilmu Komunikasi yang mengambil tugas akhir skema Film Dokumenter. Tagline tim mereka yaitu bekerja dengan cepat, tepat, dan hebat. Nasha menekankan bahwa timeline schedule dan callsheet sangat diperlukan dalam tugas akhir skema Film Dokumenter ini agar semua perencanaan dapat berjalan sesuai dengan schedule.

Abdan pun menegaskan bahwa tugas akhir ini diselesaikan secara tim maka tidak boleh adanya hard feeling jika adanya perbedaan pendapat atau pemikiran serta komitmen bersama untuk lulus tepat waktu merupakan hal yang sangat mandatory.

Tim ini pun berhasil memenangkan kejuaraan di Festival Film Budi Luhur dan Festival Film ILUNI UI.

Pemantik dari acara ini yaitu Dr. Azwar – Koordinator Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Dr. Radita Gora Tayibnapis – Koordinator Program Studi S1 Sains Informasi, Wiwiek Rukmi Dwi Astuti, M.Si – Koordinator Program Studi S1 Hubungan Internasional, Restu Rahmawati, M.A. – Koordinator Program Studi S1 Ilmu Politik.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab, para peserta sangat antusias sekali sehingga banyak yang bertanya. Acara ditutup dengan foto bersama sebagai dokumentasi.

× Hubungi Kami