Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ –  Program Studi S1-Kajian Film, TV dan Media (KFTVM) di FISIP UPN “Veteran” Jakarta, telah memperoleh izin pendirian dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 415/E/O/2024.

Untuk mengenalkan prodi baru ini, Wakil Dekan 1 FISIP UPN “Veteran” Jakarta, Fitria Ayuningtyas dan Dosen Ilmu Komunikasi, Dede Suprayitno menyampaikan beberapa informasi kepada calon mahasiswa. Diantaranya seperti profil lulusan prodi dan gelar yang akan didapatkan usia lulus menjalani pendidikan. “Profil lulusan kami seperti dokumenteris, jurnalis multimedia, kritikus film, analis media center dan gelarnya adalah Sarjana Ilmu Komunikasi,” terang Fitria, Jumat (27/7/2024).

Adapun kelebihan program studi ini, dengan berupaya mengintegrasikan pemikiran kritis, inovatif, dan beretika dengan pendekatan profesional dan ilmiah. Upaya itu untuk menumbuhkan beragam suara kreativitas mahasiswa yang dirancang dengan semangat nasionalisme dam sejalan dengan identitas sebagai kampus bela negara. Untuk itu, kegiatan pembelajaran juga ditunjang dengan fasilitas laboratorium pendukung, seperti laboratorium televisi dan film, laboratorium multimedia, laboratorium fotografi, laboratorium podcast, laboratorium diplomasi dan ruang baca.

Peluang Prodi S1-KFTVM juga dinilai cukup besar. Berdasarkan hasil focus group discussion (FGD) dan penelusuran pustaka didapatkan bahwa dari 3 industri besar dalam bidang ini membuka beberapa peluang posisi keahlian. “Dari penelusuran tim pendiri, setidaknya ada lebih dari 130 kompetensi yang dapat dikembangkan. Semisal kita berbicara televisi, maka ada kompetensi cameraman yang dapat dikembangkan, ketika berbicara film, ada posisi dokumenteris, penata suara, cahaya, produser. Sehingga membuka peluang yang cukup besar,” tambah Dede.

Dalam peluncuran kelas perdana itu, dibuka sebanyak 40 kursi untuk calon mahasiswa. Adapun pendaftaran dilakukan melalui seleksi masuk (SEMA) khusus yang dibuka pada 18 Juli 2024 – 25 Juli 2024 pukul 13.00 WIB. (DS)

Koorprodi S1 KFTVM
× Hubungi Kami