Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Dalam upaya memperkuat keterampilan dan kesiapan menghadapi krisis komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) turut serta dalam kegiatan pembekalan bertajuk “Handling Media in Communication Crisis” yang digelar oleh Humas UPNVJ. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan teknik penting dalam menangani komunikasi krisis, terutama dalam menghadapi perubahan teknologi dan lanskap media yang semakin dinamis.

Pembekalan ini berlangsung pada hari Rabu, 28 Agustus 2024 di Ruang Rapat Nusantara 1 UPNVJ dan dihadiri oleh berbagai perwakilan humas dari seluruh fakultas, termasuk FISIP UPNVJ. Ali Nur Yasin, Kepala Divisi Produksi dan Senior Editor Tempo Media Group, hadir sebagai narasumber utama, membahas berbagai strategi komunikasi yang diperlukan untuk mengelola krisis dengan efektif dan mempertahankan reputasi institusi.

“Komunikasi krisis saat ini menghadapi tantangan unik yang memerlukan respons cepat dan transparansi tinggi. Hubungan yang kuat dengan media sangat penting dalam membangun citra positif organisasi, terutama di era digital,” ujar Ali Nur Yasin dalam sesinya.

Ali Nur Yasin membahas mengenai bagaimana cara seluruh humas dilingkungan instansi mampu menjalin hubungan yang baik dengan para media, khususnya dalam komunikasi krisis. “Komunikasi krisis di era sekarang ini menghadapi tantangan yang unik dan memerlukan pendekatan yang lebih canggih, seperti kecepatan dan responsivitas humas serta transparansi. Selain itu, menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan media sangatlah penting bagi seorang humas untuk membangun reputasi dan citra instansi. Serta pengelolaan media yang baik harus diprioritaskan karena sosial media merupakan acuan publik untuk seluruh penyebaran informasi”, jelas Ali

Witanti Prihatiningsih selaku Kepala humas UPNVJ berharap agar kegiatan ini mampu membuat seluruh humas dilingkungan UPNVJ mampu menghadapi tantangan komunikasi khususnya komunikasi krisis “Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan tim Humas UPNVJ dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi berbagai tantangan komunikasi, serta mampu menjaga reputasi universitas dengan lebih baik di masa depan”, ucapnya

foto bersama dengan narasumber Ali Nur Yasin
× Hubungi Kami