Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Kordinator Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) membuka acara Communication to the Next Generation (Commnextion) 2024, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (HIMAIKOM) pada hari Minggu, 1 September 2024, di Aula Tanah Airku, Kampus Limo, UPNVJ.

“Acara ini merupakan bagian dari program kerja HIMAIKOM UPNVJ, Kabinet Zenara dalam rangka melaksanakan masa bimbingan yang biasa disebut Communication to the Next Generation atau Commnextion,” ucap Dr. Azwar, M.Si., Kordinator Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP UPN “Veteran” Jakarta.

Lebih jauh Kordinator Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN “Veteran” Jakarta tersebut menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan untuk menyambut mahasiswa baru Prodi Ilmu Komunikasi dan juga Prodi Kajian Film, Televisi, dan Media di UPN “Veteran” Jakarta.

Daffarell Sakha Saputra, Ketua HIMAIKOM menyampaikan bahwa acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Studi Kajian Film, Televisi, dan Media kepada mahasiswa baru yang saat ini berjumlah 387 mahasiswa.

“Kami sengaja memberi kesempatan bagi mahasiswa baru Ilmu Komunikasi dan Kajian Film, Televisi, dan Media untuk saling mengenal satu sama lain, oleh sebab itu tema Commnextion 2024 sengaja dipilih “To Infinity and Beyond”, jelas Daffarel.

Pembukaan acara Commnextion 2024 dilaksanakan di Aula Auditorium Tanah Airku, Kampus Limo, UPN ““Veteran”” Jakarta pada pukul 06.30 WIB sampai 12.00 WIB selain dihadiri oleh hampir 387 mahasiswa baru Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Studi Kajian Film, Televisi, dan Media, juga menghadirkan narasumber Farica Putri Pramudiah salah satu Alumni Prodi Ilmu Komunikasi dan Vanessa Christabelle seorang Public Speaker dan pendiri Brave Speaker.

Nashya Frida Naufalista, Project Officer Commnextion 2024 menyampaikan bahwa acara diawali dengan pembacaan tata tertib Commnextion 2024 oleh Tim Kode Etik, kemudian diikuti dengan pembukaan acara oleh MC.

“Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Project Officer Commnextion 2024, sambutan Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPNVJ, Daffarell Sakha Saputra, dan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Koordinator Prodi Ilmu Komunikasi, Dr. Azwar, M.Si.,” jelas Nashya Frida Naufalista, Project Officer Commnextion 2024.

Setelah sambutan, acara diteruskan dengan pembacaan Ikrar Mahasiswa Ilmu Komunikasi oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2024 dan dilanjut dengan pemaparan kegiatan oleh Duta Angkatan dan Wakil Duta Angkatan Prodi Ilmu Komunikasi 2023, yang memberikan gambaran bagaimana peran mereka sebagai Duta dan Wakil Duta Angkatan Prodi Ilmu Komunikasi.

Secara umum acara yang menarik ini dilanjut dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber. Pemaparan materi pertama dengan tema “Navigation Journey In Communication” yang disampaikan oleh Farica Putri Pramudiah, yang merupakan Alumni Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jakarta. Materi yang disampaikan tersebut membahas mengenai perjalanan sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, cara belajar efektif, pengelolaan waktu, pengalaman magang, dan prospek karir setelah lulus.

Materi kedua disampaikan oleh Vanessa Christabelle yang merupakan Public Speaker dari Brave Speaker dengan tema “Overcoming Stage Fright: Strategies to Build Confidence and Deliver Impactful Presentations”. Materi yang disampaikan tersebut membahas mengenai tips dan trik untuk menjadi pembicara publik yang percaya diri dan profesional. Dalam rangkaian acara ini juga disambung dengan sesi tanya jawab antara mahasiswa dengan narasumber mengenai berbagai pertanyaan terkait materi-materi yang sudah disampaikan oleh narasumber.

Melengkapi keseruan acara ini, acara juga diisi sesi games dengan tujuan untuk memperkuat interaksi antara mahasiswa baru serta meningkatkan semangat dan menciptakan suasana yang menyenangkan selama acara Commnextion berlangsung yang dipandu oleh MC games. Acara ditutup dengan sesi dokumentasi foto bersama panitia, mahasiswa baru, dan Koordinator Prodi Ilmu Komunikasi. HIMAIKOM UPNVJ mengucapkan terima kasih kepada pihak sponsor yaitu Flip dan East Tunning BMW yang telah mendukung acara Commnextion 2024 kali ini. Dengan dimulainya Commnextion 2024, HIMAIKOM UPNVJ berharap agar mahasiswa baru dapat merasakan semangat kebersamaan dan memulai langkah awal yang solid di dunia Ilmu Komunikasi

Foto bersama pada acara Commnextion 2024
× Hubungi Kami