Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN “Veteran” Jakarta berkolaborasi dalam melaksanakan pogram Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2024. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pertukaran dosen antara kedua program studi dalam melaksanakan pengajaran sebagai bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi. JAKARTA, 29 Mei 2024

“Kegiatan ini merupakan implementasi dari Perjanjian Kerjasama antara FISIP UPN “Veteran” Jakarta dengan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung yang sudah diinisiasi tahun lalu,” ucap Dr. Azwar, M.Si., Kordinator Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN “Veteran” Jakarta.

Dr. Azwar, M.Si., menambahkan bahwa kerjasama ini tidak sebatas pertukaran dosen saja, akan tetapi juga melaksanakan penelitian bersama dan bisa juga penulisan artikel atau buku bersama antara dosen-dosen Prodi Ilmu Komunikasi, UPNVJ dan dosen Prodi Ilmu Komunikasi UPI.

“Semoga ke depan kerjasama yang baik ini tetap berlanjut, tidak hanya perjanjian di atas kertas saja akan tetapi juga bisa diimplementasikan dalam kolaborasi akademik yang lainnya,” harap Kordinator Program Studi, FISIP, UPN “Veteran” Jakarta tersebut.

Vidi Sukmayadi, PhD., Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, UPI menyampaikan bahwa kegiatan dosen tamu yang diadakan Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN “Veteran” Jakarta secara keseluruhan merupakan kegiatan yang konstruktif.

“Saya sendiri merasakan setidaknya dua manfaat dahsyat, yang pertama dan utama silaturahmi akademik, era sekarang adalah era kolaborasi, tak hanya selalu kompetisi,” ucap Vidi.

Kolaborasi tentu saja sangat dibutuhkan dalam dunia akademik saat ini. Kerjasama berbagai pihak sangat menentukan kemajuan ilmu pengetahuan tidak hanya dalam bidang Ilmu Komunikasi, tetapi juga dalam berbagai bidang ilmu lainya.

“Yang kedua, baik dosen maupun mahasiswa mendapatkan pengalaman pedagogis baru ketika berhadapan dengan dinamika pembicara maupun audiens yang baru yang secara tidak langsung juga turut mengembangkan kompetensi dosen berkaitan, sekaligus memberikan warna baru bagi mahasiswanya. Tadi saja mahasiswa Kelas G Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN “Veteran” Jakarta sungguh kooperatif dalam mengikuti irama kelas beserta aktivitas yang mengikutinya,” tutur Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UPI tersebut.

Selain Vidi Sukmayadi, PhD., dari Program Studi Ilmu Komunikasi UPI juga hadir Tito E.Priandono yang juga mengisi kuliah tamu di Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN “Veteran” Jakarta. Sebelum kegiatan ini, dua orang Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN “Veteran” Jakarta juga sudah hadir sebagai dosen tamu di Program Studi Ilmu Komunikasi, UPI. Mereka adalah Dr. Kusumajanti, M.Si., dan Dr. Damayanti, M.Si. (*)

× Hubungi Kami