Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ –  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN “Veteran” Jakarta, menjadi tuan rumah penyelenggaraan uji kompetensi profesi Sutradara TV di Laboratorium Diplomasi, Sabtu (27/7/2024). Sebanyak lebih dari 20 orang, yang berasal dari industri maupun akademisi, menjadi peserta dalam kegiatan ini. Sertifikasi ini diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Komunikasi dan Siaran Indonesia (Komsindo) dengan lisensi BNSP-LSP-1335-ID.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerja sama antara FISIP dan Asosiasi Sutradara Televisi Indonesia (STI). Sekaligus bentuk upaya pematangan kompetensi keahlian profesi. “Dengan kompetensi yang tersertifikasi tersebut, diharapkan kita bisa menangkap peluang yang lebih besar terhadap penyutradaraan TV,” terang Agung Cahyono Ketua Asosiasi Sutradara Televisi Indonesia (STI).

Diantara peserta ujian sertifikasi merupakan Dosen FISIP UPN “Veteran” Jakarta, yakni Firdaus Noor dan Dede Suprayitno. Kegiatan ini sekaligus menjadi upaya untuk meningkatkan kompetensi dosen dan kualitas pembelajaran kepada mahasiswa, khususnya dalam bidang penyiaran televisi dan produksi audio visual. “Sertifikasi ini juga menjadi kompetensi yang diakui STI dan menjadi penunjang poin indikator kinerja utama (IKU) bagi kampus,” kata Firdaus.

Kegiatan ini mempererat relasi FISIP dan STI sebagai bagian penting dalam industri penyutradaraan TV. Dalam agenda peluncuran Program Studi S1-Kajian Film, TV dan Media, STI turut berperan dalam merumuskan penyusunan kurikulum untuk prodi tersebut. Termasuk berkontribusi dalam kegiatan pembelajaran melalui dosen praktisi.

Prodi S1-Kajian Film, Televisi dan Media memiliki cakupan industri yang cukup besar. Mulai dari perfilman, televisi dan media. Bidang penyutradaraan televisi merupakan salah satu bidang dalam cakupan kompetensi industri tersebut. Ke depan, Prodi S1-Kajian Film, Televisi dan Media juga meningkatkan kemampuan atau kompetensi dalam bidang lainnya seperti jurnalis multimedia, tenaga sensor film, media center, produser film, penulis skenario film, dokumenteris, sutradara film, manajer unit produksi, dan manajemen bidang pemasar film & TV. (DS).

foto bersama
× Hubungi Kami