Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik telah melancarkan kegiatan PKKMB FISIP UPNVJ 2024 atau Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru untuk memulai perjalanan masa awal dunia perkuliahan. PKKMB hari pertama ini dilaksanakan di Gedung Bispar BBPPMPV, Bojongsari, Depok. Diadakannya kegiatan PKKMB FISIP ini diharapkan dapat memberikan landasan kuat kepada mahasiswa baru untuk lebih mengenal lebih dalam lingkungan FISIP dan tentu dapat membentuk pribadi mahasiswa yang baik dan siap dalam menghadapi tantangan.

Tema besar yang diangkat pada tahun ini adalah “Membangun Generasi Muda Kreatif dan Berdaya Juang dengan Berpikir Inovatif dan Mewujudkan Solusi,” sesuai dengan judul yang disebutkan mahasiswa baru diharapkan agar dapat terus percaya diri, mengeksplorasi lebih luas lingkup FISIP,  dan terus meningkatkan keterampilan adaptasi terhadap perubahan yang cepat. Acara PKKMB FISIP UPNVJ 2024 bertujuan untuk menyambut secara resmi kedatangan mahasiswa baru untuk menjadi bagian dari keluarga mahasiswa FISIP. PKKMB FISIP UPNVJ 2024 dilaksanakan oleh BEM FISIP UPNVJ dengan mengundang delegasi dari beberapa pihak ormawa dan KSM FISIP untuk ikut memeriahkan acara. 

Sebagai pembuka, acara ini diawali oleh prosesi sidang terbuka fakultas diiringi oleh penari STVJ (Seni Tari Veteran Jakarta) dilanjutkan lagi dengan pembukaan sidang oleh dekan FISIP, lalu diteruskannya laporan akademik PKKMB oleh ketua panitia dosen dan upacara penyerahan MABA secara simbolis dari fakultas kepada koordinator tiap program studi.

Acara ini disusul bersama dengan sambutan dan pemaparan bidang kerja FISIP oleh dekan beserta jajarannya. Pemaparan bidang akademik dibawakan oleh Wakil Dekan 1 FISIP, Dr. Fitria Ayuningtyas, M.Si., kemudian untuk pemaparan bidang akademik dan keuangan oleh Wakil Dekan 2, Anwar Ilmar, S.Sos, M.I.P., diikuti oleh pemaparan bidang kemahasiswaan oleh Wakil Dekan 3 FISIP dan pemaparan kode etik bersama Musa Maliki, Ph.D. Materi pengantar perkuliahan diterangkan kembali oleh Jajaran Kajur atau Ketua Jurusan dari Hubungan Internasional, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Sains Informasi, serta Kajian Film Televisi dan Media. Selanjutnya, prosesi sidang terbuka ditutup oleh Dekan dan meninggalkan ruangan sidang diiringi penari STVJ. 

Selepas paparan materi oleh jajaran FISIP, adanya peralihan topik bersama dengan narasumber; Abraham Hino Samuel Jose, Jessica Margareth, dan Amri Kusumawardana Sumodiningrat. Ketiga narasumber ini membuka sesi talkshow yang membahas mengenai cara menjadi mahasiswa yang penuh semangat, bermental kuat, terampil, dan menjadi mahasiswa yang paham dengan bidang yang diminati.

Di akhir talkshow pihak narasumber serta moderator membuka sesi tanya jawab kepada para MABA untuk membuka komunikasi dua arah. Ketiga narasumber mendapatkan penyerahan sertifikat, plakat, dan adanya dokumentasi oleh pihak panitia. Setelah paparan narasumber usai, kegiatan terus berjalan hingga pada sesi pemaparan Satgas PPKS atau Satuan Petugas Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual sebagai bentuk perhatian FISIP terhadap isu pelecehan. 

Sesi materi berjalan hingga pada sesi pemaparan SM FISIP atau Senat Mahasiswa FISIP, BEM FISIP atau Badan Eksekutif Mahasiswa FISIP, HIMAHI (Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional), HIMASIFO (Himpunan Mahasiswa Sains Informasi), HIMAPOL Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik), dan HIMAIKOM (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi). Setelahnya, pihak panitia mengadakan dokumentasi bersama dan dilakukannya sesi penutupan acara PKKMB FISIP UPNVJ 2024 hari pertama.

menyanyikan lagu indonesia raya
Tags:
× Hubungi Kami