Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipPNVJ – Murdoch University, salah satu universitas ternama di Australia Barat, melakukan kunjungan untuk kali kedua ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) pada 28 Agustus 2024.

Perbincangan antara perwakilan Murdoch University dan UPNVJ meliputi konteks peluang kerja sama yang lebih detail seperti joint/duel degree dan pengalaman kerja sama. Turut dibahas juga mengenai skema berbagi ilmu tentang koloborasi mata kuliah seperti menggabungkan jurusan Ilmu Komputer dengan Ilmu Politik, dengan salah satu contohnya adalah penggunaan Artificial Intelligent (AI) dalam Ilmu Politik.

Ian Wilson selaku Co-Director (interim) of the Indo-Pacific Research Centre mewakili Murdoch University menjelaskan bahwa universitasnya secara terbuka ingin bekerja sama dalam konteks joint/duel degree. Untuk detailnya, kerja sama ini memerlukan koordinasi antara kantor internasional Murdoch University dan kantor internasional UPNVJ.

Selain itu, Murdoch University juga menawarkan beasiswa untuk mahasiswa Doctoral, dengan syarat ketat dan cukup kompleks.

Kunjungan kerja sama Murdoch University untuk kali kedua ini disambut hangat sivitas akademika UPNVJ dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), yang meliputi program studi Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, dan Hubungan Internasional.

Ketua Jurusan Ilmu Politik UPNVJ, Ardli Johan Kusuma, mengungkapkan harapan untuk dapat melakukan joint degree dengan program studi Ilmu Politik atau minimal dapat menghadirkan dosen tamu dari Murdoch University di FISIP UPNVJ. Ian Wilson merespons positif, dan mengatakan bahwa hal itu dapat terjadi jika sudah ada Nota Kesepahaman (MoU) antar kedua universitas.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UPNVJ, Fitria Ayuningtyas. Ia sangat mengharapkan tidak hanya dosen tamu, tetapi juga Lecturer Exchange dan Student Exchange antara Murdoch University dan UPNVJ.

“Kami akan menindaklanjuti penjajakan kerja sama ini, khususnya mengenai rekognisi dosen tamu UPNVJ di Murdoch University,” ucap Wilson.

Ia mengatakan bahwa secara prinsip, Murdoch University siap menjalin kerja sama dalam berbagai macam program bersama UPNVJ. Namun, MoU harus terlebih dahulu dibuat dan ditandatangi kedua bela pihak.

“Hal-hal terkait kerangka birokrasi dan administrasi seperti MoU diserahkan ke kantor urusan internasional, sedangkan urusan pelaksanaan program kerja sama sebenarnya mudah dilakukan karena antara dosen Murdoch University dan FISIP UPNVJ sudah saling mengenal” ungkap Wilson.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama FISIP UPNVJ, Musa Maliki, sangat menghargai dan menyambut hangat kedatangan perwakilan Murdoch University yang kedua kalinya.

“Sungguh sangat luar biasa. UPNVJ bisa suatu saat bekerja sama dengan universitas berkelas QS 100, tepatnya ranking 44 dunia,” sebut Musa.

Tags:
× Hubungi Kami