Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Sabtu 16 Februari 2019 telah dilaksanakan kegiatan Pembekalan Calon Wisudawan ke-62 dengan Tema Meraih Prestasi di Era Industri 4.0 dengan Semangat Bela Negara. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium FISIP UPNVJ dengan jumlah peserta 99 orang.

Kegiatan pembekalan ini dilaksanakan dengan tujuan memotivasi para calon wisudawan agar siap menghadapi dunia kerja dan berani berfikir ‘out of the box’. Pada kesempatan tersebut, pembicara yang dihadirkan adalah Fajar Fazriansyah, S.IKom yang merupakan lulusan FISIP UPNVJ angkatan 2011. Saat ini ia bekerja di Path Indonesia sebagai Lead Motion Graphic Designer.

Dalam pembahasannya, Fajar mengatakan apabila saat ini tidak cukup hanya memiliki ijazah tapi harus memiliki skill computer dan Bahasa asing yang baik. Ia juga bercerita bahwa selama ia bekerja di Path Indonesia tidak pernah sekalipun dirinya memberikan ataupun mengirimkan CV ke perusahaan tersebut.

Perusahaan sekelas Google, Path, hingga Youtube tidak menerima CV tapi mereka telah mengetahui orang-orang yang memang kompeten dibidangnya melalui akun social media mereka. Karena di Era Industri 4.0 ini yang paling penting adalah menjaga image melalui social media. Hal ini disebabkan karena jejak digital yang tidak pernah bisa dihapus. Seseorang bisa sangat jatuh dan menjadi buruk karena social media dan sebaliknya.

Para peserta pembekalan ini pun sangat antusias dengan masukan yang diberikan oleh kakak mereka. Plt. Dekan Dr, Kusumajanti mengatakan bahwa menghadiri alumni sebagai narasumber bertujuan untuk memotivasi dan lebih terkoneksi dengan calon wisudawan sehingga mereka juga akan merasa lebih nyaman dan antusias menyaksikannya.

Kedepannya, diharapkan para calon wisudawan lebih terbuka lagi menggali kemampuan-kemampuan soft skill maupun hard skill melalui kursus ataupun dengan berlatih sendiri.

IMG_0139.JPG
IMG_2348.JPG
IMG_2357.JPG

(Penulis : Arina | Foto : Saiful)

× Hubungi Kami