Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – “Kalau mau mengenal dunia, membacalah, kalau mau dikenal dunia, menulislah,” Begitu kira-kira ungkapan yang pernah dituliskan oleh Pramoedya Ananta Toer dalam menangkap pesan yang ingin diungkapkan oleh Pelatihan Menulis Proposal “Horizon 2020” yang diselenggarakan oleh European Research Funding and Collaboration Opportunities salah satu badan riset yang berdiri dibawah naungan Uni Eropa bekerja sama dengan Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia. Pada pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 24 Juni 2019 bertempat di Gedung Perpustakaan Nasional lantai 17 Jalan Medan Merdeka Selatan No.11, Gambir, Jakarta Pusat ini diikuti oleh dua dosen FISIP UPN Veteran Jakarta yaitu Windhiadi Yoga Sembada, S.I.Kom, M.Si dan Intan Putri Cahyani, S.I.Kom, M.I.Kom dan satu dosen FIK UPN Veteran Jakarta Ing. Artambo Pangaribuan., B.Sc.

horizon_1_(4).jpeg

Pada pelatihan kali ini membahas soal apa yang dimaksud dengan hibah riset Horizon 2020 dan bagaimana Indonesia sebagai mitra strategis Uni Eropa bisa mengikutinya. Paparan ini dibawakan oleh perwakilan dari Uni Eropa yaitu bapak Pierrick Fillon. Pada sesi selanjutnya pelatihan diisi dengan materi tips dan trik bagaimana merancang proposal riset yang baik sesuai dengan standar Uni Eropa. Tidak hanya sekadar tips dan trik tapi juga para peserta ditantang untuk memuat proposal sekaligus dengan membagi menjadi dua kelompok dengan tema yang sudah ditentukan. Sesi ini berlangsung unik dan seru mengingat latar belakang keilmuan peserta yang berbeda-beda dan harus menghasilkan satu proposal riset bersifat multidisiplin. Pada sesi yang seru ini dipandu oleh fasilitator dari Uni Eropa yaitu bapak Daalibor Drljaca.

Pada sesi akhir ditutup dengan evaluasi dari masing-masing kelompok dan arahan dari fasilitator sekaligus diakhiri dengan foto bersama. (Yoga)

horizon_1_(3).jpeg
horizon_1_(2).jpeg

Sumber: Windhiadi Yoga Sembada

× Hubungi Kami