Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Halo sobat FISIP! Gimana UAS Semester ini, apakah berjalan dengan baik? Mimin harap soal tesnya sesuai apa yang kamu prediksikan dan kamu doakan yaa. Nah, mumpung masih ada beberapa hari nih UASnya, yuk simak beberapa tips dari mimin agar tes kalian berjalan lancar.

  • Sempatkan waktu untuk belajar

Kamu tipe mahasiswa SKS (Sistem Kebut Semalam)? Kalo iya, mulai dikurangin yaa karna sistem seperti itu ga baik buat kamu, udah belajar mati-matian tapi ingetnya cuma sehari doang. Lebih baik belajarnya nyicil dikit-dikit tapi ingetnya lama. Bener ga?

  • Cari spot yang nyaman untuk belajar

Untuk beberapa orang tempat yang nyaman mungkin jadi salah satu faktor agar materi yang kamu pelajari bisa masuk. Biasanya sih mahasiswa UPNVJ belajarnya di McD atau di Plaza Wardiman. Kalo kamu biasanya dimana?

  • Coba belajar dengan gambar

Pusing dengan tulisan yang banyak dan bertele-tele? Coba deh materi itu kamu baca seksama terus kamu bikin gambar atau grafik gitu, dijamin deh kamu akan lebih mudah untuk inget dan paham, apalagi buat kamu yang tipe visual, cocok banget nih

  • Jelaskan jawabanmu kepada teman

Semaleman udah belajar, tapi masih belum yakin bakal bisa jawab apa ngga pas ujian nanti? Coba aja jelaskan materi yang sudah kamu pelajari ke temanmu. Dengan begitu kamu bisa masuk ruang ujian dengan lebih yakin.

  • Buat kelompok belajar yang efektif

Belajar sendirian bikin ngantuk? Niat belajar malah berakhir dengan main hape atau malah tidur? Duh kalo gitu kapan belajarnya dong? Mendingan kamu buat kelompok belajar dengan teman-temanmu. Selain bisa saling mengingatkan untuk belajar, kalian juga bisa saling bertanya tentang materi yang belum dipahami. Semangat kalean.

  • Luangkan waktu untuk istirahat

Belajar dengan giat boleh, tapi jangan sampai lupa makan yaa. Ujian memang perlu disiapkan dengan matang, tapi tubuhmu juga punya batasnya sendiri biar bisa tetap fokus dalam belajar. Luangkan 10 menit untuk sekedar peregangan bisa lahh

  • Berikan asupan yang bergizi untuk tubuhmu

Nah ini nih yang sering jadi masalah buat anak kosan. Saking seriusnya belajar karna pake sistem SKS, mie instan pun jadi pilihan buat ganjel perut biar bisa lanjut belajar. Jangan gitu lagi ya teman, asupan yang bergizi tetap penting untuk kebutuhan nutrisimu biar tetap fit.

  • Siapkan ujian besok dengan matang

Siapa yang suka ketinggalan kartu ujiannya? Cungggg. Biar ga ketinggalan lagi, sejak malam sebelum ujian masukkan perlengkapan yang harus dibawa kedalam tas ya, seperti pulpen, tip ex, dan kartu ujian. Kan repot kalo setiap hari harus ke posko buat minta tanda tangan kaprodi di kartu ujianmu. Iya apa iya??

  • Selalu berdoa setiap mau ujian

Terakhir jangan lupa berdoa yaa. Sebelum berangkat ujian minta doa dari orang tua agar dimudahkan ujiannya. Khusus anak kos juga bisa nelfon ke orangtua kalian atau ke ibu kos juga boleh, asal jangan ke orangtuanya doi yaa, ntar selesai ujian ditanyain lagi nilainya berapa hehehe. Siap??

× Hubungi Kami