Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Sydney Azzahra, Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi 2017, sukses menjadi salah satu finalis kompetisi Public Speaking pada acara IMPACT 2018 (Immersion, Projects, Appreciation, & Tribute) di Universiti Sains Malaysia, Penang pada tanggal 17-19 Desember 2018.

Pertama kalinya dalam sejarah, FISIP UPN “Veteran” Jakarta mengirim delegasi untuk mengikuti kompetisi Public Speaking tingkat ASEAN. Acara yang bertemakan “Be The Change in The Media” ini sukses membawa Sydney Azzahra, Mahasiswi program studi Ilmu Komunikasi 2017 dan Della Bagusnur, Mahasiswi Program studi Ilmu Komunikasi 2016 sebagai salah satu finalis dari 31 peserta lainnya.

Universitas yang berhasil lolos sebagai finalis diantaranya; Universiti Sains Malaysia, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Universitas Pancasila, UPN “Veteran” Jakarta, Universitas Padjajaran, Tunku Abdul Rahman University College, dan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” Medan.

Kompetisi ini hanya berlangsung dalam satu babak dimana peserta harus melakukan pidato dalam bahasa inggris secara impromptu atau pidato yang baru diberikan temanya 15 menit sebelum peserta naik ke atas panggung, tanpa naskah melakukan pidato selama maksimal 3 menit.

Hal tersebut bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan bagi Sydney dan Della berhubung mereka telah mempersiapkannya dengan latihan yang intens selama kurang lebih satu bulan setelah proses seleksi. 

Kompetisi ini di nilai oleh Dr. Shaidatul Akma Adi Kusuma, Dosen Universiti Sains Malaysia dan Ms. Suprapti Indah Putri, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” Medan.

Terlepas dari kendala tersebut, merupakan suatu kebanggaan bagi FISIP UPN “Veteran” Jakarta yang telah berhasil melebarkan sayapnya untuk berkompetisi tidak hanya ditingkat wilayah Jakarta ataupun Nasional, tetapi berhasil pada tingkat ASEAN.

× Hubungi Kami