Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
  1. Terapkan Komposisi dalam Fotomu

Semua kamera smartphone memiliki fitur yang menampilkan komposisi dalam fotografi. Komposisi yang paling umum adalah Rules of Third. Third of Rules bisa kalian tampilkan dengan mengaktifkan Grid pada fitur kamera. Komposisi digunakan agar objek kalian lebih teratur dan membangun mood tertentu.  Hal ini bisa kalian manfaatkan untuk menghasilkan foto dari HP yang maksimal.

  1. Maksimalkan Fitur Pro dan Lainnya

Kebanyakan Smartphone sekarang memiliki opsi Pro di kameranya. Fitur Pro pada dasarnya menjadikan mode kamera menjadi manual yang memberi kebebasan penggunanya untuk mengatur Segitiga Eksposur (ISO, Aperture, dan Shutter Speed). Tidak hanya itu, kalian bisa memilih mode exposure lainnya yang ada.

  1. Gunakan Aplikasi Kamera Tambahan

Aplikasi kamera tambahan bisa kalian undu secara gratis maupun berbayar. Aplikasi tambahan kamera seperti Google Camera, Open Camera, dan lainnya. Aplikasi tersebut memiliki fitur-fitur manual yang dapat menghasilkan foto yang maksimal yang bisa kalian coba.

  1. Prioritaskan Eksposur

Sensor kamera smartphone adalah salah satu sensor terkecil di industri optik. Ini berarti bahwa meskipun banyak dari mereka dapat melakukan lebih dari 50 megapiksel, akan selalu ada batasan yang diberlakukan oleh ukuran fisik sebenarnya. Dibandingkan dengan kamera dengan sensor yang lebih besar, gambar dari kamera smartphone memiliki jendela penyesuaian yang lebih sempit dalam hal eksposur bahkan gambar dengan format gambar mentah. Bahkan dalam mode otomatis, sebagian besar ponsel cerdas memiliki opsi untuk menyesuaikan kecerahan bidikan dengan mengetuk titik tertentu dan menggeser ikon ke atas atau ke bawah untuk menyesuaikan pencahayaan.

  1. Zoom In

Menghindari zoom in dan bisa mendekat ke subjek (dengan mempertimbangkan perbedaan kompresi dan distorsi) ke subjek, akan mendapatkan gambar dengan resolusi lebih tinggi. Beberapa ponsel memiliki kamera utama beresolusi sangat tinggi (dengan 60-100 megapiksel) dan kamera kedua yang diperbesar tetapi hanya memiliki sensor 12 megapiksel (atau kurang). Kesalahan besar adalah berpikir bahwa smartphone dengan kamera telefoto 12 megapiksel yang melakukan zoom hingga 30-100x sebenarnya akan menghasilkan gambar berkualitas karena seperti yang dinyatakan di atas, zoom 100x hanya berarti memotong gambar menjadi ukuran yang lebih kecil secara eksponensial.

  1. Memotret Secara Manual Saat Gelap

Mode otomatis dan mode malam biasanya menemukan keseimbangan antara meningkatkan ISO dan memperlambat pencahayaan. Tetapi hanya akan melakukannya sampai batas yang tidak akan kabur oleh goyangan kamera. alih-alih menggunakan mode otomatis atau malam untuk memotret pemandangan dalam cahaya redup, gunakan mode manual, letakkan ponsel di tripod atau apa pun yang dapat membuatnya diam selama beberapa detik, dan potret dengan eksposur lama atau rana lambat sebagai gantinya. Dengan begitu, dapat mengatur kamera secara manual agar berada pada ISO serendah mungkin dan melakukan eksposur lebih lama daripada mode otomatis. Dapat memotret dengan saksama seperti ini akan selalu menghasilkan gambar yang lebih baik. Tidak peduli seberapa tinggi ISO yang bisa dicapai kamera, kualitas gambar pasti akan turun pada titik tertentu. (Sumber: Frame Of Photography FISIP UPNVJ)

× Hubungi Kami