Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
  1. Tujuan membeli kamera

Memikirkan objek seperti apa yang akan di foto? Atau jenis acara seperti apa yang akan di  foto? Jika kalian lebih suka berwisata sambil mengabadikan momen, lebih baik membeli jenis kamera yang ringan dan mudah dibawa seperti Mirrorless. Hal ini bukan berarti kamera Mirrorless hanya cocok untuk jalan-jalan, tetapi akan membantu bagi kalian yang tidak ingin repot.

Namun, jika kalian ingin mengasah lebih jauh skill fotografi, kalian dapat memilih DSLR. Kemampuan DLSR yang unggul dalam opsi lensa, autofocus, dan daya tahan baterai akan cocok dalam berbagai tujuan fotografi, seperti foto human interest  dan street.

  1. Kualitas gambar yang dihasilkan

Jika kalian mementingkan kualitas gambar yang bisa dihasilkan Kamera, maka kalian harus menyiapkan dana yang lebih besar. Kualitas gambar menjadi aspek penting bagi kalian yang memiliki niat kuat dalam dunia fotografi. Tentunya dengan semakin tinggi kualitas, maka semakin mahal.

Namun, jika kalian masih tergolong belajar menggunakan kamera, maka kalian tidak perlu membeli kamera yang mahal dengan ukuran sensor yang besar. Hal ini dikarenakan banyak kamera yang di bawah 6 juta memiliki kemampuan yang cukup bagi kalian yang baru belajar.

  1. Fitur kamera

Beberapa fitur dalam kamera dapat memudahkan tugas fotografer. Semakin banyak fitur dalam kamera maka semakin mahal juga harganya. Salah satu fitur yang tidak dimiliki semua kamera adalah koneksivitas dengan WiFi atau Bluetooth untuk mentransfer foto di kamera ke HP atau PC dengan cepat. Fitur kamera perlu kalian pertimbangkan, karena jika membeli kamera yang memiliki segudang fitur namun hanya menggunakan sedikit fiturnya, maka akan terkesan kurang worth it.

Jika kamu seorang social-media-aholic, kemana-mana foto lalu upload, akun mu hadir merambah semua media sosial di dunia. Setiap menit selfie, groufie, kemudian diupload. Maka konektivitas kamera hal penting yang harus dipertimbangkan. Di era modern seperti ini rata-rata kamera terbaru sudah mendukung fitur wi-fi, dengan fitur tersebut  bisa langsung menyalin foto dari kamera ke smartphone, lalu langsung diupload ke media sosial.Carilah kamera yang mendukung atau memiliki fitur tersebut.

  1. Faktor ekonomi

Tentunya hal ini harus sangat diperhatikan buat kalian yang ingin mempunyai kamera. Pertama, seberapa sering kamu akan memakai Kamera? Lalu, apa kebutuhan untuk memiliki kamera? Jika kalian akan memaka kamera hampir setiap hari dan sebagai tuntutan pekerjaan, maka kalian dapat membeli di atas entry level atau berkualitas tinggi.

Namun, jika kalian hanya sekadar hobi dan tidak sering memakainya, kalian dapat membeli kamera entry level dengan harga yang lebih murah di pasaran. Kalian juga dapat menabung lagi untuk membeli kamera dengan kualitas yang lebih bagus sambil menggunakan HP untuk berfoto. Hal ini dikarenakan kamera bukanlah kebutuhan utama kalian sehingga harus lebih selektif.

  1. Pemilihan brand

Brand  lebih berpengaruh pada harga kamera di pasaran. Untuk masalah kualitas, jika kalian masih pada tahap awal belajar menggunakan DSLR (entry level), komparasi semua merek hampir sama kualitasnya.

Namun, merek kamera juga berpengaruh pada  kemudahan anda mendapatkan produk kamera tersebut di pasaran, kemudahan mendapatkan aksesoris pendukung kamera, technical support dan service center.

  1. Kemampuan dalam perekaman video

Tentu saran ini opsional, tetapi bagi kalian yang memiliki keperluan video, seperti vlogging dan projek lainnya, maka tips ini perlu diperhatikan. Semua Kamera DSLR keluaran baru dapat merekam video sehingga kalian perlu memerhatikan tahun produksinya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah resolusi perekamannya, kemampuan menangkap cahaya, dan durabilitas. (Sumber: Frame Of Photography FISIP UPNVJ)

× Hubungi Kami