Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Senin, 11 April 2022 lalu, FISIP UPN Veteran Jakarta melalui Program Studi Ilmu Politik melakukan terobosan baru dengan terselenggaranya kegiatan Visiting Professor pada tanggal 11 – 14 April 2022 dan berhasil mendatangkan Professor Olle Tornquist dari Universitas Oslo, Norwegia dan dihadiri  lebih dari seratus peserta dari berbagai kalangan baik mahasiswa, dosen maupun masyarakat umum tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari berbagai negara. Rangkaian kegiatan dimulai dari Pembukaan dan Penerimaan Professor Olle di Ruang Lab. Diplomasi FISIP UPNVJ pada Senin, 11 April 2022 itu dihadiri oleh Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas juga Dosen-Dosen FISIP. Pada sesi ini, selain perkenalan dan sesi ramah tamah, Prof. Olle juga membagikan informasi yang berkaitan dengan adanya peluang kerjasama yang bisa dilakuan kedepannya, setelah itu dilanjutkan dengan sesi rapat internal dengan agenda utama pembahasan mengenai kurikulum Prodi Ilmu Politik.

Dekan FISIP UPNVJ, Dr. R. Dudy Heryadi dan Prof. Olle Tornquist

Selasa, 12 April 2022, rangkaian mata acara pada kegiatan Visiting Professor hari kedua ini dibuka dengan diselenggarakannya sesi Kuliah Umum dengan tema “State and Civil Society”. Pada sesi ini, Prof. Olle secara garis besar menjelaskan bagaimana relasi antara Negara dan Masyarakat Sipil, beliau juga menambahkan perbandingan gambaran hubungan relasi Negara-Masyarakat Sipil dibeberapa negara. Sesi kedua dilanjutkan dengan diselenggarakannya Workshop Internal yang melibatkan Prof. Olle dan Dosen-Dosen FISIP UPNVJ berkaitan dengan Penulisan Proposal, Jurnal Internasional dan  Networking.

Prof. Olle Tornquist memberikan materi kepada peserta

Kemudian, kegiatan pada hari Rabu, 13 April 2022 diawali dengan kegiatan peluncuran buku “In Search of New Social Democracy” yang ditulis langsung oleh Prof. Olle. Sesi yang dimpimpin oleh Dr. Sri Lestari Wahyuningroem sebagai Moderator ini dihadiri oleh Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo selaku Dubes KBRI Manila, Filipina. Selain itu, hadir pula  Prof. Maria Ela Atienza dari Universitas Filipina Diliman dan Dr. Luky Djani dari UPNVJ sebagai narasumber tamu yang juga turut menanggapi dan membagikan perspektifnya mengenai isu tersebut. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan sesi Kuliah Umum bertema Local Politics yang juga akhirnya berhasil menciptakan wadah bagi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu dan juga berinteraksi langsung dengan Prof. Olle.

Foto bersama Prof. Olle Tornquist dan para peserta

Kamis, 12 April 2022 merupakan hari terakhir dari rangkaian kegiatan Visiting Professor. Kegiatan yang dimulai pada pukul 10.00 di Ruang Rapat LPPM UPNVJ ini dihadiri oleh Pimpinan Universitas yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Bapak Dr. Anter Venus, MA, Comm, Dekan FISIP UPNVJ Bapak Dr. R. Dudy Heryadi, dan Dr. Sri Lestari Wahyuningroem. Sesi terakhir yang menjadi penutup dari keseluruhan rangkaian kegiatan ini berisikan sesi diskusi lanjutan mengenai peluang kerjasama dan juga penyerahan simbolik buku yang ditulis oleh Prof. Olle untuk diberikan kepada pihak UPNVJ.

Penyerahan buku dari Prof. Olle Tornquist kepada Wakil Rektor I UPNVJ Dr. Anter Venus, MA, Comm