Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) kembali mendirikan program studi magister baru, yaitu Magister Hubungan Internasional, sebagai upaya untuk menjawab tantangan dan dinamika ekonomi politik dan keamanan global.

“Program Magister Hubungan Internasional akan menjadi wadah studi pembelajaran bagi para akademisi dan praktisi yang menginginkan studi lanjut hubungan internasional yang jumlahnya masih terbatas,” kata Ketua Program Studi Hubungan Internasional UPNVJ Musa Maliki Ph.D di  Jakarta, Selasa (8/6/2022).

Menurut Doktor lulusan Australia ini, dalam pergaulan internasional, Indonesia terus menghadapi ancaman tantangan global. Perkembangan situasi ekonomi dan keamanan global tidak lagi seperti pada masa Perang Dingin dan dominasi Barat, tetapi semakin kompleks dengan hubungan antara belahan dunia Barat maupun Timur. (https://idigtexas.com/)

Karena itu, kurikulum Program Studi Magister Hubungan Internasional UPNVJ yang didirikan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 336/E/O/2022 tanggal 27 Mei 2022 disusun dengan merespons isu ekonomi-politik global dan keamanan global yang semakin terbelah antara Barat dan Timur.

“Karena itu, pendirian program S2 HI UPNVJ membuka peminatan Diplomasi Ekonomi dan Keamanan Global yang meliputi: negosiasi perdagangan internasional, diplomasi digital, pariwisata dan ekonomi kreatif, dan dinamika geoekonomi di Indopasifik,” tuturnya.

Dua peminatan tersebut akan memandang dimensi relasi tarik menarik ekonomi dan politik negara dalam menyikapi ekonomi-politik global yang melibatkan peran masyarakat, korporasi, dan negara (pemerintah). Selain itu, peminatan Keamanan Global juga akan fokus pada kajian isu-isu ancaman teknologi mutakhir (siber), kondisi geopolitik dan geostrategi di Indopasifik, serta ancaman nontradisional seperti perubahan iklim, global warming, dan isu-isu resistensi kebudayaan (peradaban).

“Karena itu, Program Studi Magister Hubungan Internasional akan diampu oleh tenaga pengajar professional dari akademisi sekaligus praktisi professional di bidangnya. UPNVJ akan berusaha memfasilitasi mahasiswa agar siap dalam menghadapi tantangan global dalam dimensi ekonomi-politik dan keamanan baik yang tradisional maupun yang non-tradisional,” kata Musa.

Lulusan Program Magister Hubungan Internasional diharapkan dapat menjawab tantangan dinamika ekonomi-politik global dan keamanan global. Profil lulusan Program Magister Hubungan Internasional meliputi konsultan perdagangan dan bisnis di lembaga swasta dan perusahaan multinasional; staf lokal organisasi internasional yang bergerak di bidang ekonomi dan keamanan; aparatur sipil negara (ASN) yang berasal dari semua kementerian dan instansi pemerintah, khususnya staf kedutaan, khususnya jika ditempatkan di fungsi ekonomi dan fungsi politik-keamanan; tenaga ahli di parlemen; dan aktivis NGO yang bergerak di bidang politik-keamanan dan isu-isu non-tradisional serta dosen dan peneliti.

× Hubungi Kami