Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Pada hari Selasa, 1 November 2022 dan Rabu 2 November 2022, Program Studi S1 Hubungan Internasional UPN Veteran Jakarta melaksanakan program pertukaran dosen mengajar MBKM ke Program Studi S1 Hubungan Internasional UPN Veteran Yogyakarta. Dua dosen yang mengajar di UPN Veteran Yogyakarta adalah Dr. Shanti Darmastuti dan Dra. Nurmasari Situmeang. Dalam kegiatan ini Dr. Shanti Darmastuti mengajar mata kuliah Metode Penelitian Sosial (MPS) untuk semester I dan Dra. Nurmasari Situmeang untuk mata kuliah Pengantar Diplomasi. 

Pada pelaksanaan pembelajaran di mata kuliah MPS, dosen Koordinator dari UPN Veteran Yogyakarta, yaitu Dr. Machya Astuti, M.Si dan juga merupakan Dekan FISIP UPN Veteran Yogyakarta menjelaskan bahwa mata kuliah MPS diikuti oleh mahasiswa semester I dengan jumlah mahasiswa sebanyak 2 kelas. Proses pengajaran di MK MPS dilaksanakan di Ruang Seminar FISIP UPN Veteran Yogyakarta yang diikuti oleh sekitar 70 mahasiswa yang merupakan gabungan kelas A dan B. Materi mengenai teknik pengumpulan data menjadi topik pembahasan yang disampaikan oleh Dr. Shanti Darmastuti. Pada sesi perkuliahan ini, banyak mahasiswa secara aktif bertanya dan mendiskusikan tentang teknik pencarian data berbasis dokumen dan internet. Hal yang menarik dalam perkuliahan tersebut adalah meskipun mahasiswa yang mengikuti kelas adalah mahasiswa semester I, namun mereka sangat tertarik dalam proses penelitian yang dijelaskan.

Lebih lanjut, perkuliahan Pengantar Diplomasi yang diberikan oleh Dra. Nurmasari Situmeang dengan materi perkuliahan tentang Penyelesaian Sengketa Internasional Melalui Jalur Diplomasi. Penyelesaian sengketa melalui jalur diplomasi dilakukan melaui Jasa-Jasa Baik, Mediasi Negosiasi, Konsiliasi, Enquiry atau Penyelidikan. Perkuliahan ini diikuti sebanyak 25 mahasiswa. Metode pembelajaran yang digunakan selain menerangan materi juga dilakukan tanya jawab dan diskusi. Dalam perkuliahan tersebut mahasiswa sangat antusias dan aktif bertanya seputar penyelesaian sengketa dengan jalur diplomasi.  

× Hubungi Kami