Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Pada hari Selasa, 1 November 2022, Program Studi S1 Hubungan Internasional UPN Veteran Jakarta melaksanakan program pertukaran dosen mengajar MBKM ke Program Studi S1 Hubungan Internasional UPN Veteran Jawa Timur yang diimplementasikan oleh Ibu Sindy Yulia Putri, S.Pd., M.Si selaku Dosen PNS di Prodi S1 Hubungan Internasional UPN Veteran Jakarta. Ibu Sindy Yulia Putri, S.Pd., M.Si mengajar di Mata Kuliah Ekonomi Politik Internasional yang diampu oleh Ibu Maria Indira Aryani., S.IP, M.Hub.Int. dan Ibu Adiasri Putri Purbantina, S.IP, M.Si, MA. Ibu Sindy disambut oleh Ibu Adiasri selama di UPN Veteran Jawa Timur. 

Perkuliahan dibuka oleh Ibu Adiasri dan selanjutnya diampu oleh Ibu Sindy dengan mempresentasikan materi terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN, khususnya hasil join research dengan DPD-RI dan dosen-dosen Hubungan Internasional Universitas Indonesia, dengan judul “ASEAN untuk Semua? Menengok Kesiapan Pemerintah Daerah dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Selama pembelajaran di kelas, mahasiswa/i berpartisipasi dengan sangat aktif dengan mempertanyakan seputar hal terkait materi, seperti:

  1. Bagaimana cara Indonesia memperoleh keuntungan yang signifikan di MEA?
  2. Selama masa pandemi covid-19 dan selama masa recovery, bagaimana Indonesia bisa mengoptimalisasi berbagai sektor unggulan untuk diliberalkan di pasar bebas?
  3. Bagaimana peran ASEAN sebagai institusi regional yang menaungi 10 negara anggota ASEAN, bisa mendorong setiap negara anggota untuk melakukan aktivitas dagang di bawah payung MEA?
  4. Bagaimana strategi ASEAN untuk berdagang di intra- dan inter-regionalnya agar surplus perdagangan semakin bertambah?
  5. Bagaimana mengatasi berbagai hambatan di tingkat Sub-State Government (SSG) untuk lebih peka dan peduli dengan MEA, sehingga masyarakat Indonesia semakin mengenal dan merasa bahwa kita juga merupakan masyarakat ASEAN?
  6. Bagaimana mensinergikan seluruh unsur Pemerintah Daerah (SSG) agar bisa memaksimalkan diplomasi dua level agar seluruh daerah memiliki tingkat kesiapan dan daya saing yang lebih merata?
  7. Sehatkah MEA sebenarnya? Karena tidak menutup kemungkinan, justru Indonesia dibanjiri berbagai produk dari negara-negara anggota ASEAN, namun justru produk Indonesia sendiri tidak memperoleh tempat di hati warga Indonesia?
  8. Bagaimana membangung UMKM dan UKM agar lebih berdaya saing?

Seluruh pertanyaan tersebut membuat diskusi lebih berwarna dan hidup. Diskusi ini juga mencerminkan kepedulian dan pengetahuan yang mumpuni dari para peserta didik. Perkuliahan diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan buku referensi dari Ibu Sindy ke Prodi S1 Hubungan Internasional UPN Veteran Jawa Timur. 

Foto Bersama dengan Mahasiswa

Foto di depan UPN Veteran Jawa Timur

Penyerahan Buku Referensi Hasil Penelitian dari Ibu Sindy Yulia Putri, S.Pd., M.Si ke Ibu Adiasri Putri Purbantina, S.IP, M.Si, MA.

× Hubungi Kami