Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Rhetorica merupakan acara tahunan sekaligus program kerja tersebar di bawah naungan HIMAIKOM UPN Veteran Jakarta. Rhetorica terdiri dari beberapa rangkaian acara yakni Communication Literation (Commlite), Communication Battle (Commbat), serta Communication Festival (Commfest). Tahun ini Rhetorica mengambil tema besar yakni “Act it Out” yang memiliki maksud yaitu setiap orang dapat mengekspresikan dirinya melalui karya seni, baik itu dua dimensi, tiga dimensi, seni suara, dan lainnya. Rangkaian acara Rhetorica dimulai sejak terbentuknya panitia pada bulan Juni serta rangkaian lomba yang dimulai sejak bulan September.

Rangkaian acara pertama ialah Commlite yang dimulai sejak 6 September lalu. Commlite sendiri merupakan perlombaan seni yang berfokus pada karya dua dimensi. Karya yang dapat diikut sertakan sangat beragam mulai dari foto, lukisan tangan, hingga desain grafis. Puncaknya, karya yang terpilih akan dipamerkan pada rangkaian terakhir Rhetorica yakni Commfest.

Selain Commlite, rangkaian acara lainnya ialah Commbat yang juga merupakan ajang perlombaan. Namun, pada rangkaian Commbat terdiri dari 3 cabang perlombaan, yakni Drabble, Poster, serta TikTok Creative Video. Commbat dimulai sejak 16 September lalu dengan menghadirkan tiga orang juri yang ahli dibidangnya, yaitu Kak Mariesa sebagai juri TikTok Creative Video, Kak Fiony sebagai juri poster, serta Kak Shazalfa selaku juri Drabble. Acara puncak Commbat yakni pengumuman pemenang dari setiap lomba melalui virtual zoom meeting pada Minggu, 6 November 2022.

Lalu rangkaian acara terakhir sekaligus sebagai puncak acara dan apresiasi dalam rangka ulang tahun ilmu komunikasi, diadakanlah rangkaian Commfest pada Minggu, 20 November 2022 lalu di Gen’s Bar and Resto, Jakarta. Acara ini menampilkan sejumlah bakat yang dimiliki oleh mahasiswa/I ilmu komunikasi khususnya dalam bidang musik. Selain itu, terdapat juga pameran hasil karya Commlite yang turut menyertai penutupan Rhetorica ini. Acara dimulai sejak pukul 19.00 hingga selesai, yang dihadiri oleh mahasiswa/I UPN Veteran Jakarta dari berbagai jurusan hingga masyarakat umum.

× Hubungi Kami