Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) melakukan kegiatan berupa Lomba Kewirausahaan. Kegiatan wirausaha merupakan salah satu kegiatan yang terdapat di Program Merdeka Belajar. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 November 2022 bertempat di Auditorium Tanah Airku Gedung Merce Lt. 8 Kampus II Limo, UPN Veteran Jakarta

Sebagaimana disebutkan dalam buku panduan merdeka belajar berdasarkan Global Entrepreneurship Index (GEI) pada tahun 2018, Indonesia hanya memiliki skor 21% wirausahawan dari berbagai bidang pekerjaan, atau peringkat 94 dari 137 negara yang disurvei. Sementara menurut riset dari IDN Research Institute tahun 2019, 69,1% milenial di Indonesia memiliki minat untuk berwirausaha. Sayangnya, potensi wirausaha bagi generasi millennial tersebut belum dapat dikelola dengan baik selama ini.

Dua studi tersebut menunjukkan tingkat wirausaha yang rendah, tetapi sesungguhnya minat wirausaha, khususnya kalangan usia muda tinggi. Oleh karena itu, minat berwirausaha pemuda ini perlu difasilitasi agar berkembang sesuai potensinya. Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka bertujuan mengembangkan minat wirausaha mahasiswa dengan program kegiatan belajar di luar kampus. Acara ini menggunakan dipa Hibah PPKKM Prodi S1 Ilmu Komunikasi dalam rangkat pengembangan kegiatan MBKM.

× Hubungi Kami