Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Program Studi S1 Hubungan Internasional FISIP UPNVJ, telah mengadakan kuliah umum pada hari Selasa, 21 Februari 2023 dengan tema “Peranan Intelejen dalam Hubungan Internasional untuk Mengoptimalkan Pencapaian Kepentingan Nasional”. Bertempat di Lab. Diplomasi FISIP UPNVJ, kegiatan dibuka dengan sambutan dari Dekan FISIP Dr. Kusumajanti, M.Si.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Dr. Hartanto ini, mengundang Staff Khusus Kepala BIN RI Dr. Drs. Sundawan Salya, M.Si sebagai narasumber. Dalam pengalamannya, ia mengatakan bahwa Intelejen dalam petakan kenegaraan seharusnya adalah policy support untuk bahan eksekusi, untuk itu intelejen haruslah berbicara tentang fakta dan data yang sebenar-benarnya. Saat beliau ditugaskan di Belanda, beliau sempat dihadapkan pada isu mengenai OPM yang mana isu tersebut bisa menjadi dua mata pisau: membantu perdamaian atau perpecahan. Elemen paling inti dalam dunia intelejen adalah tentang ancaman, dalam hal ini informasi menjadi hal yang sangat penting.

Paradigma sifat ancaman tadinya bersifat tradisional berbicara tentang ideologi dan militer. Indonesia pernah mengahadapi krisis yang sama berdampak pada adanya perpecahan seperti peristiwa G30 SPKI yang terpecah karena adanya ideologi komunis. Kemudian bergeser menjadi non-traditional threat yang lebih banyak berbicara tentang human security yang setidaknya terdapat 13 sub isu.

Sesi pemaparan materi ini sangat terasa hidup, karena di akhir pemaparan mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya.

× Hubungi Kami