Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – SANTI atau Sehari Tanpa Plastik merupakan program kerja fungsional Ditjen  lingkungan hidup BEM FISIP UPNVJ untuk memperingati hari tanpa plastik sedunia dengan  tujuan menciptakan lingkungan bebas dari plastik sehingga lingkungan yang kita tinggali akan  merasa nyaman. Kegiatan SANTI ini akan terlaksana sebanyak 3 kali. Program Kerja ini  bersifat terbuka bagi seluruh KEMA FISIP. Pelaksanaan Santi 1.0 dilaksanakan pada saat CFD  di sepanjang jalan Andara dengan kegiatan kampanye edukasi pengurangan penggunaan  plastik kepada masyarakat dan memberikan apresiasi kepada masyarakat yang membuang  sampah pada tempatnya berupa pemberian roti. Pada program kerja SANTI ini dilaksanakan  pada saat CFD di Andara hari Minggu, 19 Maret 2023 yang di hadiri oleh KEMA FISIP,  delegasi BEM FISIP, ORMAWA, serta KSM FISIP.  

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pada pagi hari yaitu pukul 06.30 dan selesai pada pukul  11.00 WIB. Pada pukul 06.30 BPH SANTI berkumpul di titik kumpul depan  UPN”VETERAN” Jakarta dan berangkat bersama-sama menuju titik kumpul bersama delegasi  dan ormawa yang akan hadir. Setelah menemukan titik kumpul yang strategis, humas SANTI  akan memberikan informasi berupa foto lokasi tempat di grup line yang sudah terbentuk  sebelumnya. Pada pukul 07.00 peserta SANTI 1.0 mulai berdatangan dari ORMAWA,  Delegasi BEM, serta KSM FISIP. Setelah dipastikan bahwa peserta SANTI 1.0 sudah  berkumpul semua di titik kumpul, kami bergegas berjalan mengikuti arah CFD bersama-sama.  Selama di perjalanan kami memberikan edukasi mengenai sampah plastik yang sangat  berbahaya bagi keberlangsungan hidup bumi kami sembari mendeklarasikan tema kegiatan  yang kami usung yaitu; No Plastic No Worries dengan membawa banner yang telah kami  siapkan sebelumnya.  

Proses sosialisasi di CFD Andara berjalan dengan lancar. BEM FISIP membagikan karung  yang berguna untuk menampung sampah plastik yang akan digunakan sebanyak kurang lebih  5 karung. Kami juga membagikan roti sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian masyarakat  sekitar yang sudah peduli dengan lingkungan dengan tidak membuang sampah khususnya  sampah plastik yang sulit terurai. Roti dibagikan kepada masyarakat apabila mereka memberikan sampah plastiknya dengan kami dan akan ditukar dengan roti. Pada pukul 09.00  kami sudah mencapai akhir lokasi CFD di Andara sehingga kami memutuskan untuk putar  balik ke titik kumpul awal. Ketika kembali ke titik kumpul awal, kami berhasil mengumpulkan  sampah plastik kedalam karung. Pada pukul 09.30 kami memberikan seluruh hasil sampah  plastik yang kami dapatkan ke petugas kebersihan di sekitar sana. Dan pada pukul 10.00  SANTI 1.0 telah selesai yang diakhiri dengan sesi dokumentasi.   

SANTI 1.0 berkoordinasi sehingga bisa turut mengundang delegasi dari ORMAWA  FISIP, perwakilan Himpunan Mahasiswa (HIMA) yang ada di FISIP UPNVJ untuk turut  berpartisipasi dalam kegiatan ini. Delegasi yang hadir dalam acara SANTI 1.0 terdiri dari  delegasi HIMAPOL 2 orang, delegasi HIMAIKOM 2 orang, perwakilan Departemen Sosial  Lingkungan BEM UPNVJ sebanyak 1 orang, dan wakil ketua BEM FISIP. Total keseluruhan  yang hadir dalam acara SANTI 1.0 adalah 12 orang dari internal FISIP UPNVJ.

× Hubungi Kami