Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJEnglish Social Campaign (ESC) merupakan salah satu program kerja eventual KSM English of Siloence (EoS) FISIP UPN Veteran Jakarta yang dilaksanakan setiap tahun. Program kerja ini ditujukan untuk jangkauan peserta secara umum dengan bentuk kegiatan berupa webinar. ESC adalah program yang dibentuk atas dasar keinginan untuk menciptakan, serta meningkatkan minat dan kesadaran dalam berbahasa Inggris serta berbagi pembelajaran dalam berbahasa Inggris di kalangan masyarakat luas.

Di tahun ini, ESC secara eksklusif melakukan kolaborasi dengan Schoters, salah satu perusahaan layanan pendidikan Bahasa Inggris dan persiapan studi luar negeri. ESC dilaksanakan pada Sabtu, 3 Juni 2023 secara daring melalui platform Zoom Meeting. Tema yang diusung adalah “EXPLORING NEW WORLD THROUGH ENGLISH”. Melalui kolaborasi, EoS X Schoters mengundang pembicara unggulan yang berkecimpung di bidang akademi Bahasa Inggris, yaitu Fadiah Mukhsen, Rica Asrosa, dan Aisyah Sabrina.

Acara ini berhasil menarik kurang lebih 150 peserta dan berlangsung sejak pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB yang dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, sambutan dari Pembina EoS,  Chairperson EoS dan Project Officer ESC, dan penayangan Video Campaign. Selanjutnya, acara dimulai dengan pemaparan materi oleh para pembicara yang dilengkapi dengan sesi tanya jawab. Fadiah memulai acara sebagai pembicara 1 dengan sistem talkshow yang berisi seputar pengalaman pembicara kuliah di luar negeri, yaitu Turki. Kemudian, berlanjut dengan Pembicara 2 yaitu Rica yang membawakan materi seputar langkah atau tips and trick untuk kesempatan beasiswa dan belajar di luar negeri terkhusus pada pengalaman beliau berkuliah di University College London. Tidak jauh berbeda, pembicara 3 dari Schoters, Aisyah, membawakan materi dengan judul “Study Abroad 101: All About Preparation” yang berisi pemahaman seputar persiapan beasiswa dan belajar di luar negeri secara lebih teknis.

Tidak hanya berbagi pengetahuan dan pengalaman acara ini juga dimeriahkan dengan ice breaking, terdapat dua games berhadiah berupa kuis dan PPT tebak gambar dan potongan lagu yang dilaksanakan saat peralihan pembicara. Setelah pemaparan materi dan games selesai, saatnya sesi pengumuman untuk pemenang dari games sebelumnya yang berjumlah dua orang dari peserta. Memasuki sesi akhir, terdapat foto bersama yang dipandu oleh MC dan Operator dan acara ditutup melalui penutupan oleh MC. Secara keseluruhan, acara berjalan dengan baik dan dapat ditingkatkan lagi untuk tahun selanjutnya agar dapat berjalan lebih baik lagi.

× Hubungi Kami