Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Literasi akan seni dan budaya perlu diperkenalkan sejak dini kepada anak. Dalam hal ini, mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta ( UPNVJ ) pun menggelar sosialisasi di Jakarta Selatan. Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Chandra Budaya Organizer yang dilaksanakan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bahari di Kelurahan Gandaria Selatan, Jakarta Selatan.

Ini merupakan kegiatan praktik mata kuliah Stakeholder and Corporate Social Responsibility (CSR) konsentrasi Digital Corporate Communication. “Kegiatan ini merupakan satu kesatuan rangkaian pembelajaran mata kuliah yakni implementasi teori dan praktik di lapangan,” ujar Dosen Pasca Komunikasi UPNVJ Yani Hendrayani sekaligus pengampuh mata kuliah, Minggu (18/6/2023). Alumnus USM Malaysia tersebut mengatakan kegiatan ini dalam upaya mengarahkan dan memfasilitasi Implementasi CSR kepada mahasiswa dan bagaimana memahami, memetakan, dan membuat program CSR kepada komunitas dengan baik.

Kaprodi Pasca Ilmu Komunikasi UPNVJ Munadhil Abdul Muqsith memberikan apresiasi keberhasilan kegiatan tersebut, “Kurikulum Magister Ilmu Komunikasi UPNVJ selain berbasis digital juga dirancang untuk balance kemampuan teoritik, riset di lapangan, dan praktik,” tuturnya. Program CSR dilakukan melalui berbagai kegiatan, termasuk workshop tari dan budaya dalam bentuk praktik menari dan materi literasi budaya. Kegiatan ini diadakan di RPTRA Bahari, Kelurahan Gandaria Selatan, yang merupakan salah satu sarana fasilitas Program Kota Layak Anak yang disediakan oleh Pemerintah DKI Jakarta.

RPTRA Bahari menjadi tempat belajar, berolahraga, membaca melalui fasilitas perpustakaan, serta taman bermain bagi anak-anak. Perwakilan dari Kecamatan Gandaria Selatan Amak Wahidin menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa magister ilmu komunikasi UPN Veteran Jakarta atas kontribusinya dalam memberikan workshop seni dan budaya kepada anak-anak di RPTRA Bahari. Program CSR ini menjadi bagian dari upaya peningkatan kapabilitas perlindungan anak dan juga mendukung program pemerintah dalam implementasi Pembangunan Berkelanjutan.

Program tersebut membagikan wawasan terkait seni dan budaya kepada anak-anak di lingkungan RPTRA Bahari, sehingga meningkatkan pengetahuan mereka tentang seni dan budaya secara umum. Dalam mendukung kegiatan ini, Kelurahan Gandaria Selatan juga memberikan dukungan penuh dan mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa dan mahasiswi UPN Veteran Jakarta atas kontribusinya dalam program ini.

Yani Hendrayani, selaku koordinator pengampu mata kuliah Stakeholder Relation dan CSR di UPN Veteran Jakarta, turut berperan penting dalam mengarahkan dan memfasilitasi Implementasi CSR tersebut. Dengan pengalamannya sebagai dosen dan keahliannya dalam bidang hubungan pemangku kepentingan dan CSR, Yani memberikan arahan yang berharga bagi mahasiswa dalam menjalankan program ini dengan baik. Founder Chandra Budaya Organizer Mira Dwi Septi H mengaku bangga melihat antusiasme dan kegembiraan anak-anak ketika mereka terlibat dalam workshop seni dan budaya ini. “Kami berharap program ini dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan berharga bagi mereka, serta mendorong minat mereka dalam menjaga dan menghargai warisan seni dan budaya Indonesia,” katanya.

Program CSR ini diharapkan menjadi awal dari berbagai inovasi lainnya dalam mendorong pendidikan seni dan budaya di kalangan anak-anak. UPN Veteran Jakarta dan Chandra Budaya Organizer berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya positif yang berkontribusi pada perkembangan sosial dan budaya tradisional di Indonesia.

× Hubungi Kami