Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Pada ajaran semester 8 ini, Program Studi S1 Ilmu Komunikasi secara resmi mengumumkan adanya 2 mahasiswa yang menggunakan Bahasa Inggris untuk skripsi nya. Kedua mahasiswa tersebut bernama Ernanda Dalimunthe (1910411154) dan Muhammad Rezky Syahputra Kamal (1910411074).

Mahasiswa pertama yang melakukan skripsinya dengan menggunakan Bahasa Inggris adalah mahasiswa yang bernama Ernanda Dalimunthe yang sudah melaksanakan sidang skripsinya pada tanggal 6 Juli 2023 lalu, dalam skripsinya yang berjudul “The Adaptation of Indonesian Diaspora Communication Pattern in Barcelona, Spain”. Penelitian ini dibimbing langsung oleh sang Dosen Pembimbing yang bernama Dr. Fitria Ayuningtyas, M.Si.

Ernanda sudah melaksanakan sidang dan dinyatakan lulus sebagai Sarjana Ilmu Komunikasi dengan 2 dosen penguji yaitu Yani Hendrayani, Ph.D. selaku penguji 1 dan Chairun Nisa Zempi S.I.Kom, MA. selaku penguji 2.

Mengikuti jejaknya Ernanda, mahasiswa dengan nama Muhammad Rezky Syahputra Kamal juga telah menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar skripsinya. Dalam skripsinya yang berjudul “The Adaptation of Indonesian Student in Malaysia (A Phenomenological Study of Indonesian Student in Universiti Sains Malaysia”. Seperti Ernanda, Rezky juga dibimbing oleh Dr. Fitria Ayuningtyas, M.Si. selaku dosen pembimbing. Rezky sendiri sudah melaksanakan sidang skripsinya yang bertepatan pada tanggal 10 Juli 2023 dan dinyatakan lulus sebagai Sarjana Ilmu Komunikasi dengan 2 dosen penguji yang bernama Yani Hendrayani, Ph.D. selaku penguji 1 dan Ratu Laura Mulia B. P, S.Psi. M.Sc selaku penguji 2.

Pada saat sidang berlangsung, presentasi maupun tanya jawab dilakukan dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan berjalan dengan sangat lancar. Para Dosen Penguji yang hadir pun juga memberikan tanggapan dan melontarkan beberapa pertanyaan terkait dengan penelitian yang dilakukan oleh Ernanda dan Rezky.

Ernanda dan Rezky merupakan jebolan dari IISMA (Indonesian International Student Mobility Award). IISMA adalah skema beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai program mobilitas pelajar Indonesia ke universitas di luar negeri.

Ernanda merupakan IISMA 2021 Awardee di Universitat Pompeu Fabra sedangkan Rezky merupakan IISMA 2022 Awardee di Universiti Sains Malaysia.

Mereka pun turut serta dan terlibat langsung dalam visitasi Akreditasi Internasional Prodi S1 Ilmu Komunikasi tanggal 20-21 Juni 2023 lalu.

× Hubungi Kami