Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Mahasiswa ilmu komunikasi, FISIP UPN “Veteran” Jakarta angkatan 2022, Kaitsar Muhammad Hizkyl berhasil membawa pulang medali emas dan perunggu dalam cabang olahraga (cabor) renang. Kaitsar mendapatkan medali itu dalam ajang kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) DKI Jakarta.

Lebih detail, Kaitsar memperoleh medali emas pada kategori renang 200 meter gaya ganti perorangan dan medali perunggu pada renang kategori 50 meter gaya bebas. “Saya sudah dapat info dari 2 bulan sebelum pertandingan ada. Sejak itu mulai fokus dengan nomor-nomor di lomba,” kata Kaitsar saat dikonfirmasi pada Jumat (28/7/2023).

Meski mendapat info lomba 2 bulan sebelum kegiatan berlangsung, Kaitsar mengaku tidak kesulitan. Sebagai atlet, dirinya sudah terbiasa rutin berlatih sehingga bisa lebih siap menghadapi perlombaan kapanpun.

“Saya terbiasa latihan 3 jam per hari dalam 6 hari. Dari Senin hingga Sabtu. Jam latihan saya mulai sejak pukul 5 pagi. Selain berenang, saya juga latihan kardio seperti lari, push up, sit up untuk memperkuat endurance,” terangnya.

Untuk itu, guna menjalankan peran sebagai atlet dan mahasiswa, Kaitsar menilai manajemen waktu menjadi hal penting. Dirinya mesti tahu, mana skala prioritas yang harus dilakukan sehingga tidak meninggalkan tanggung jawabnya saat ini. “Harus tahu kapan kuliah, latihan, mengerjakan tugas. Kita juga harus ada tujuan sehingga aktivitas yang dilakukan tidak cuma-cuma,” ujarnya.

Dalam waktu yang akan datang, Kaitsar mengaku masih terus berlatih. Meski belum mendapat info kompetisi lagi, namun dia membidik pada akhir tahun biasanya ada kejuaraan yang diadakan. “Biasanya di akhir November atau awal Desember ada Indonesia Open. Ini tingkat nasional tapi ada juga peserta dari luar negeri,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) DKI Jakarta adalah pertandingan olahraga tingkat mahasiswa yang diadakan di Wilayah DKI Jakarta, Indonesia. Pomprov DKI Jakarta menjadi forum bagi para mahasiswa untuk berkompetisi dalam berbagai cabang olahraga dan memperlihatkan kemampuan terbaik.

Dalam Pomprov DKI Jakarta, berbagai cabang olahraga dilombakan, seperti sepak bola, basket, voli, renang, atletik, bulu tangkis, tenis meja, catur, dan banyak lagi. Setiap perguruan tinggi dapat mendaftarkan tim atau perwakilan mereka di cabang-cabang olahraga yang diminati. (DS)

× Hubungi Kami