Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) mengadakan program intensifikasi identitas akademik digital dosen serta updating SINTA Kemendikbud untuk meningkatkan basis data pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Program Studi (Prodi) yang berada dibawah Jurusan Ilmu Komunikasi sendiri antara lain terdiri dari Prodi S1 Ilmu Komunikasi, S2 Ilmu Komunikasi dan S1 Sains Informasi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan memaksimalkan basis data kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada dosen yang selama ini telah dilaksanakan. Harapannya bisa terdata secara holistik,” ujar Munadhil Abdul Muqsith, Ph.D, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi sekaligus sebagai fasilitator kegiatan.

Munadhil memaparkan beberapa identitas akademik digital apa saja yang harus dimiliki oleh dosen, “Dosen paling tidak harus punya Google scholar, SINTA Kemdikbud, ResearchGate, Orcid, dan Researcher ID atau Web of Science dan satu lagi Scopus ID apabila memiliki artikel yang terindex,” ujarnya.

Update data ini bertujuan untuk menaikan jumlah score Sinta Kemendikbud Dosen. Saat ini prodi Ilmu Komunikasi berada di posisi nomer 8 dari 34 program studi yang ada di UPN Veteran Jakarta. Padahal dosen Jurusan Ilmu Komunikasi ada 52 orang. kegiatan ini di hadiri oleh lebih dari 20-an Dosen jurusan ilmu komunikasi.

Kegiatan ini dibuat menjadi dua sesi berlokasi di Ruang Rapat Dekanat FISIP UPNVJ agar lebih efektif dan praktek berjalan dengan lancar. Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi juga membuka one stop service bagi para dosen Jurusan Ilmu Komunikasi yang membutuhkan bantuan untuk update data akademik. Harapannya kegiatan ini bisa membantu dalam pengisian BKD, Menaikan sitasi dan lainnya. Kegiatan ini turut di bantu oleh Dr. Ana Kuswanti, Sekertaris Jurusan Ilkom serta peran M. Farchan, S.Ikom dan Arina, M.Ikom, tenaga pendidik Jurusan Ikom.

× Hubungi Kami