Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – FISIP CARE merupakan salah satu program kerja BEM FISIP UPN Veteran Jakarta yang terdiri dari beberapa rangkaian acara yaitu kegiatan Charity Event dan Abdi Masyarakat. Kepanitian FISIP CARE sendiri beranggotakan dari anggota internal BEM FISIP UPNVJ dan Volunteer dari KEMA FISIP UPNVJ. Kegiatan ini berlangsung dari 17 Juni 2023 hingga 29 Juni 2023. Dimana tanggal 17 Juni – 30 Juni 2023 merupakan rangkaian acara kegiatan Charity Event dan tanggal 26 Juli – 29 Juli 2023 merupakan rangkaian acara kegiatan Abdi Masyarakat. 

Kegiatan Charity Event terdiri dari beberapa rangkaian acara kegiatan pengumpulan donasi yg dikemas oleh beberapa kegiatan seperti SerbuSari (Seribu dalam Satu Hari) yaitu kegiatan pengumpulan dana donasi untuk keperluan kegiatan abdi masyarakat, TijuSerikah (Tiga Baju Seribu Berkah) yaitu pengumpulan pakaian/barang layak pakai yang akan diberikan kepada warga desa saat kegiatan pasar gratis di Desa Cibunian.

Pada tanggal 17, 24, dan 30 Juni 2023 FISIP CARE melaksanakan puncak dari rangkaian acara kegiatan dari Charity Event yang dinamakan #GiveBestTakeLove di salah satu coffee shop yaitu Rest For Sure Coffee and Resto. Pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 Charity Event mengundang Band Antah Berantah, dan Band Dream From the Past untuk mengisi acara tersebut. Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB diawali dengan pembukaan dan penjelasan rangkaian acara oleh MC dilanjut dengan performance dari Band Antah Berantah kemudian Band Dream From the Past memberikan beberapa performance seperti freestyle gitar oleh gitaris band Dream From the Past, Dance oleh Haura, karaoke bersama diiringi oleh Band Dream From the Past, games serta open donasi untuk umum sebagai penutupan acara yang dilakukan pada pukul 22.00 WIB. Pada hari Sabtu, 24 Juni 2023 kegiatan Charity Event dimulai pada pukul 19.00 WIB  diawali dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan mengadakan live music dan karaoke bersama dengan proyektor serta ditutup dengan open donasi secara umum. Pada hari Jumat, 30 Juni 2023 Charity Event melakukan open donasi galang dana terakhir di Rest For Sure Cafe and Resto  dimulai dengan briefing panitia dan sambutan oleh Koor Charity sebagai bentuk penutupan acara pada pukul 13.00 WIB. Di hari terakhir, Charity Event mengundang Shindig.84 untuk melakukan performance tari tradisional Tari Ondel-Ondel sebagai pembuka acara, dilanjutkan dengan live music oleh Angelica Maria diiringi oleh William, karaoke bersama dipandu oleh Kupluk dan MC, penampilan dari Aditya Bradley bersama William, dan diakhiri dengan penampilan solo oleh Riza Haykel. Sumbangan dari open donasi dan galang dana selama acara puncak Charity Event, nantinya akan diserahkan untuk kegiatan Abdi Masyarakat di Desa Cibunian, Bogor. Dalam pelaksanaan acara #GiveBestTakeLove, acara ini cukup meriah dan sangat antusias diikuti oleh seluruh peserta dengan total kehadiran yaitu, 81 peserta dengan donasi yang terkumpul sebesar Rp. 3.447.545 selama kegiatan charity berlangsung.

Kemudian hari Rabu, 26 Juli 2023 – 29 Juli 2023, dilaksanakan rangkaian acara kegiatan FISIP CARE berikutnya yaitu acara pengabdian masyarakat yang terlaksana di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pada rangkaian acara ini, seluruh panitia ikut serta berkontribusi dalam memeriahkan acara yang berlangsung selama empat hari tiga malam ini. 

Keberangkatan panitia dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2023, dimulai pada pukul 07.00 WIB yang dilanjutkan oleh pembukaan acara serta sambutan tokoh masyarakat Desa Cibunian, pembagian beberapa kelompok door to door untuk melakukan pengenalan tokoh warga, dan evaluasi. Pada hari pertama, para panitia disambut hangat oleh warga Desa Cibunian. 

Kemudian di hari kedua tepatnya tanggal 27 Juli 2023, dimulai dengan kegiatan briefing pagi pada pukul 07.45 WIB dilanjut dengan kegiatan oleh kelompok fun learning etika dasar oleh seluruh siswa-siswi SDN Banara Jaya kelas 4. 5, dan 6 serta kegiatan kerja bakti lingkungan sekitar SDN Banara Jaya. Lalu setelah itu, pada pukul 13.00 WIB dilanjut dengan dilaksanakannya Workshop Mitigasi Bencana yang dipimpin oleh Pak Nanang kemudian diadakan break sholat ashar. Pada pukul 15.30, acara kegiatan pasar gratis dibuka oleh seluruh warga Desa Cibunian. Setelah kegiatan pasar gratis selesai, para panitia melakukan operasi semut guna membersihkan lingkungan sekitar Partis. Setelah semua bersih, dilakukan break sholat maghrib dan makan malam bersama. Kegiatan hari kedua ditutup oleh evaluasi panitia pada pukul 19.30 WIB. 

Pada hari ketiga pengabdian yaitu tanggal 28 Juli 2023, acara dimulai dengan briefing panitia pada pukul 6.30 WIB dilanjut dengan senam pagi yang diikuti oleh seluruh siswa siswi SDN Banara Jaya dari kelas 1 sampai 6 di lapangan SDN Banara Jaya. Setelah itu dilakukan kegiatan fun learning pengelolaan sampah. Siswa-siswi SDN Banara Jaya diajarkan untuk membuat sebuah prakarya hasil dari recycle sampah botol plastik menjadi sebuah tempat pensil sebagai bentuk bekal ecopreneur. Pada pukul 13.00 WIB diadakan games lomba untuk anak anak dan orang dewasa warga Desa Cibunian yaitu lomba make up, balap karung, dan estafet balon. Setelah kegiatan lomba selesai, seluruh panitia melakukan break sholat ashar dilanjut melakukan persiapan festival malam puncak. Kegiatan festival malam puncak dimulai pada pukul 19.00 WIB dibuka oleh MC. Pada festival malam puncak dilakukan penampilan company profile Desa Cibunian dari divisi media dan informasi, pemberian hadiah kepada para juara lomba, penampilan drama “Bawang Merah dan Bawang Putih” oleh panitia FISIP CARE serta ditutup dengan penampilan nyanyi dan karaoke oleh Kupluk. Setelah itu, seluruh panitia melakukan foto bersama dan dilakukannya operasi semut. 

Pada hari keempat, yaitu tanggal 29 Juli 2023, seluruh panitia melakukan persiapan dan kerja bakti membersihkan rumah, serta salam pelepasan kepada Kepala Desa Cibunian dan Ketua RW 09 sebelum mobilisasi kepulangan ke UPN Veteran Jakarta. Pada pelaksanaannya, acara pengabdian masyarakat banyak terjadi perubahan rundown karena hal tersebut menyesuaikan dengan keadaan warga setempat. Meskipun demikian, acara FISIP CARE 2023 tetap mendapatkan antusiasme yang baik oleh penduduk setempat Desa Cibunian, baik itu dari para siswa maupun warga desa. Setidaknya, terdapat lebih dari 200 perwakilan keluarga yang mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan oleh panitia.

× Hubungi Kami