Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Setelah kesuksesan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) tahun lalu, UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) kembali menyelenggarakan program tersebut untuk 2023. Tahun ini tercatat sebagai tahun ketiga di mana program PMM berlangsung di UPNVJ.

Sebagaimana yang dimaksudkan Kemendikbudristek sebagai pengelola program, PMM bertujuan memberikan pengalaman kebinekaan melalui keikutsertaan dalam Modul Nusantara, mata kuliah, dan berbagai aktivitas terkait yang dapat memperoleh pengakuan kredit hingga 20 SKS.

Kepala LP3M UPNVJ, Satria Yudhia, S.E., M.Ak, melaporkan bahwa di tahun ini ada 58 mahasiswa dari berbagai wilayah di luar Pulau Jawa yang hendak melakukan pembelajaran di UPNVJ selama satu semester terhitung sejak bulan Agustus hingga Desember 2023.

Animo program PMM di UPNVJ dapat dikatakan meningkat dari tahun lalu. Tercatat ada 390 mahasiswa yang mewakili 82 perguruan tinggi di Indonesia yang mendaftar di UPNVJ.

Setelah melewati proses seleksi, 62 mahasiswa dinyatakan lolos, tetapi hanya 59 yang melakukan konfirmasi dan satu mengundurkan diri. Dengan itu, total ada 58 mahasiswa aktif yang mengikuti PMM Angkatan 3 di UPNVJ.

Kedatangan para peserta PMM Angkatan 3 di Kampus UPNVJ Pondok Labu disambut hangat Satria bersama dengan Kapus MBKM, Citra Resmi, MH.

“Kami sangat menantikan hasil positif yang akan dihasilkan oleh PMM 3, dan percaya bahwa program ini akan memberikan kontribusi berharga bagi pertumbuhan intelektual dan kultural para mahasiswa serta memperkukuh persaudaraan antarbangsa,” ucap Satria saat menyambut kedatangan para peserta.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah salah satu inisiatif penting dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia. PMM memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk belajar di lingkungan akademik yang berbeda, sembari memperdalam pemahaman tentang kebhinekaan Indonesia.

Program PMM 3 ini menawarkan peluang unik bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman berharga dalam konteks lintas budaya dan akademik. Diharapkan melalui PMM, para mahasiswa akan dapat mengembangkan wawasan, meningkatkan keterampilan interpersonal, dan memperkaya pemahaman tentang berbagai aspek Indonesia yang beragam.

Dengan semangat berkobar, UPN “Veteran” Jakarta bersama dengan seluruh perguruan tinggi peserta PMM 3 berkomitmen menjadikan program ini sebagai wahana nyata dalam membangun persatuan dan nasionalisme yang kokoh di kalangan generasi muda. Para mahasiswa yang terlibat diharapkan dapat menjadi duta-duta kebhinekaan yang mampu mendorong kemajuan bangsa.

× Hubungi Kami