Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jakarta bekerjasama dengan KBR Media sukses menyelenggarakan acara bertajuk “Podcast Squad Goals: Sukses Lewat Kolaborasi”, Rabu (20/9/2023). Acara ini diadakan di Laboratorium Diplomasi, FISIP, UPN “Veteran” Jakarta, dan dihadiri oleh mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Jakarta.

Acara ini menghadirkan sejumlah pembicara yang berpengalaman dalam dunia podcasting, seperti Malika, Manager Podcast dan Program KBR, Ratu Nadya Wahyuningratna, Kepala Laboratorium Komunikasi Terpadu FISIP UPNVJ, serta Kharisma Rinandyta, Biru Voice 2023 dan Kolaborator KBR. Acara ini dipandu oleh moderator Puti Fitrah Ghani.

Tema acara, “Podcast Squad Goals: Sukses Lewat Kolaborasi,” sangat relevan dengan perkembangan terkini di dunia podcasting. Para pembicara berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka tentang bagaimana menjalankan podcast dengan sukses melalui kolaborasi yang efektif.

Malika memaparkan strategi-strategi kunci dalam membangun podcast yang populer. Menurutnya, dunia podcast pada hari ini berkembang dengan sangat pesat seiring perkembangan teknologi digital. “Podcast juga makin berkembang. Kolaborasi saat ini pun marak,” terang Malika.

Sementara itu, Ratu Nadya Wahyuningratna, Kepala Lab. Komunikasi Terpadu, FISIP UPNVJ berbicara tentang pentingnya fasilitas laboratorium di kampus untuk menunjang praktik podcasting. Dia juga mengajak segenap mahasiswa untuk bisa mengoptimalkan fungsi laboratorium yang ada di fakultas. “Mahasiswa bisa menggunakan fasilitas lab, untuk kegiatan podcating. Di kampus juga sudah ada kelompok studi mahasiswa (KSM) yang bisa diikuti,” imbuhnya.

Sedangkan Kharisma Rinandyta, sebagai perwakilan Biru Voice 2023 sekaligus kolaborator KBR Media, memberikan wawasan unik sebagai seorang kolaborator. Menurutnya dengan bekerja sama, dia bisa membawa perspektif baru yang beragam dari sisi yang berbeda.

Peserta acara, yang terdiri dari mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Jakarta, terlihat sangat antusias selama workshop. Mereka mengajukan banyak pertanyaan yang menunjukkan minat mereka yang besar dalam dunia podcasting dan kolaborasi. “Kami sangat senang melihat antusiasme dan keterlibatan peserta dalam acara ini,” kata Ratu Nadya.

Acara “Podcast Squad Goals: Sukses Lewat Kolaborasi” adalah contoh nyata dari upaya kolaboratif antara institusi pendidikan dan industri media. Kerjasama antara FISIP UPN “Veteran” Jakarta dan KBR Media memberikan platform yang berharga bagi mahasiswa untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang podcasting dan menginspirasi mereka untuk menjalani karier yang sukses di dunia media. (DS).

× Hubungi Kami