Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Pada hari Rabu, 11 Oktober 2023, Mahasiswa Hubungan Internasional dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta menghadiri Madani International Film Festival 2023 di Kineforum: Studio Sjumandjaja, Taman Ismail Marzuki di Jakarta, Indonesia. Acara ini adalah perayaan seni perfilman dan platform untuk menjelajahi keragaman budaya dalam dunia Muslim.

Madani International Film Festival 2023, dengan tema “Celebrating Muslim Diversity,” memperlihatkan berbagai film yang mengangkat berbagai aspek budaya dan masyarakat Islam. Dua film terkemuka yang diputar dalam festival ini adalah “Mrs. Iran’s Husband” dan “Surat Cinta dari Pesantren (Visiting Linda)”. Menyoroti tema “Puan Madani”, keduanya mengungkap dan merayakan perjuangan perempuan di seluruh dunia.

“Mrs. Iran’s Husband” mengangkat kisah Suku Bakhtivari di Iran tentang Sultan Mohammad, Iran, dan Sara. Kedua istrinya mengalami pengabdian berat, tetapi Sara melawan demi hak-hak dan kemerdekaan. Ketika Sultan hendak menikahi lagi, konflik antara tradisi dan perubahan tumbuh, dan perjuangan Sara untuk kebebasan semakin mendesak.

“Surat Cinta dari Pesantren (Visiting Linda)” menceritakan Erni, ibu tunggal yang curiga ada sesuatu saat membaca daftar belanjaan yang terkait dengan Linda, anak gadisnya yang sedang bersekolah di pesantren. Film ini mencerminkan hubungan emosional yang dalam dan ekspresi cinta dalam konteks pendidikan dan nilai-nilai Islam.

Acara ini dimulai pukul 16.00 WIB dan dihadiri oleh para mahasiswa Hubungan Internasional dan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta yang semuanya bersemangat untuk terlibat dengan penawaran sinematik yang menginspirasi. Film-film tersebut menggetarkan hati penonton sambil mereka merenungkan tema yang kompleks dan alur cerita yang mendalam.

Setelah pemutaran film, diadakan sesi diskusi dengan sutradara dari “Surat Cinta dari Pesantren (Visiting Linda),” Bapak Ihsan Achdiat. Sesi ini memberikan kesempatan unik bagi mahasiswa dan dosen untuk berpartisipasi dalam eksplorasi mendalam tentang tema yang disajikan dalam film serta mendapatkan wawasan tentang proses kreatif dan visi dari sang sutradara. Mahasiswa menunjukkan antusiasme yang luar biasa selama sesi interaktif ini melalui pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan mengenai tantangan selama pembuatan film serta inspirasi di balik proses pembuatan film.

Partisipasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta dalam Madani International Film Festival 2023 mencerminkan komitmen lembaga dalam menyediakan pendidikan holistik dan beragam budaya kepada mahasiswanya. Hal ini juga menegaskan dedikasi universitas dalam memperdalam pemahaman akan peran perempuan dalam konteks Islam.

× Hubungi Kami