Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Setiap tahunnya, UPN Veteran Jakarta sebagai kampus bela negara mengajak para Civitas Academicanya untuk secara rutin melaksanakan Upacara bendera dalam rangka memperingati hari pahlawan. Sama dengan tahun ini, Civitas Academica UPNVJ juga melaksanakan upacara bendera dilingkungan kampus. (10/11)

Hari Pahlawan 2023 ini mengusung tema “Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Semangat Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Menurut Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini yang disampaikan oleh Anter Venus Rektor UPNVJ yang bertindak sebagai pembina upacara bahwa dari tema ini semoga bisa menjadi renungan yang mendalam untuk bangsa Indonesia, “Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral”, ucap Venus

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara. Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan.”, lanjutnya

Dalam sambutan Mensos, mengatakan bahwa kita harus mengikuti jejak pahlawan bangs akita karaena pahlawan merupakan orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya terhadap bangsa dan negara kita.

“Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri. Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa: kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora”, sebutnya dalam sambutan tertulisnya.

Mensos RI berharap agar kita, seluruh rakyat Indonesia harus bersama untuk bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera.

Pelaksanaan upacara dilingkungan UPNVJ diikuti oleh 368 tenaga kependidikan, 267 dosen, dan 250 mahasiswa/i UPNVJ.

Petugas Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2023 dilingkungan UPNVJ:

– Pembina Upacara: Dr. Anter Venus, MA, Comm

– Perwira Upacara: Fajar Edyana, S. Kom

– Pimpinan Upacara: Muhammad Faisal Ludin, S. Ak

– Pembawa Acara Upacara: Mila Amalia Rahman, S.I. Kom

– Pengibar Bendera: Nursafira Khoirunniswah, S.Kom, Bahirina Mutjaba, SE, dan Retno Widyawati, S.Ak

– Pembukaan UUD 1945: Dodi Darmawan, S.Kom

– Pembaca Pesan-Pesan Pahlawan: Muhammad Bimo Anugrah Idris, S.IP

– Doa: Muhammad Emirza Tanjung, SE

– Dirigen: Anisa Triselia S.I.Kom

× Hubungi Kami