Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta, meraih piala Juara Umum 1 Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Kemenpora Cilacap Championship I Tahun 2023. Sumbangan medali yang diraih, diantaranya disumbang oleh mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Jakarta.

Berikut ini adalah daftar atlet FISIP dan hasil kejuaraan yang diraih

1. Anzalna Haerunnisa – S1- Ilmu Komunikasi (Medali Emas Kategori Tanding Kelas B Putri)

2. Liosantra Oskar – S1- Ilmu Politik (Medali Emas Kategori Tanding Kelas F Putra, Medali Perak Kategori Seni Beregu Putra)

3. Wahid Oktovian – S1- Ilmu Komunikasi (Medali Emas Kategori Seni Beregu Putra, Medali Emas Kategori Solo Kreatif Putra)

4. Hauratunnasywa Veranda Putri – S1- Ilmu Komunikasi (Medali Emas Kategori Seni Tunggal Tangan Kosong Putri, Medali Emas Kategori Seni Tunggal Senjata Putri, Medali Perak Kategori Seni Beregu Putri)

5. Muhamad Iqbal – S1- Hubungan Internasional (Medali Perak Kategori Seni Ganda Tangan Kosong Putra)

Sebelum mengikuti kejuaraan itu, tim silat UKM Pencak Silat juga telah mengikuti Kejurnas Piala Kemenpora IPSI Malang Championship 3 pada September 2022.

“Kami mengajukan Kejuaraan Nasional Piala Kemenpora Cilacap Championship 1 Tahun 2023 ini kepada UPN “Veteran” Jakarta, dan akhirnya Universitas sangat mendukung kami semua,” terang Wahid Oktovian, yang juga menjabat sebagai Kepala Divisi Bina Prestasi UKM Pencak Silat UPN “Veteran” Jakarta.

Persiapan untuk Kejurnas Pencak Silat Kemenpora Cilacap Championship I Tahun 2023 dilakukan sejak September-Oktober 2023. Dalam persiapan 2 bulan itu, tim pencak silat melalui latihan yang padat dan penuh dengan target.

“Libur hanya Minggu saja, kami melakukan latihan mulai hari Senin – Sabtu dengan waktu setelah kuliah di Jam 17.00 – 21.00 WIB yang berlokasi di Aula Bersama UPNVJ, Ubin Coklat dan juga di Plaza Internet,” terang Wahid.

Wahid menambahkan, target-target yang ditetapkan oleh kampus cukup berat. Termasuk dalam Kejurnas Pencak Silat Kemenpora Cilacap Championship I Tahun 2023, yang harus meraih juaran umum. Meski berat, dia mengaku tetap fokus pada target itu.

“Target tersebut tidak jadi beban buat kami. Kami menjalankannya dengan yakin, dan akhirnya kami dapat membawa pulang target yang Universitas ingin kan yaitu membawa pulang Piala Juara Umum 1 Piala Kemenpora pada Kejuaraan Nasional Piala Kemenpora Cilacap Championship 1 Tahun 2023,” ujarnya.

Tak berhenti sampai kejuaraan nasional saja, untuk tahun depan tim silat UPN “Veteran” Jakarta akan menargetkan kejuaraan internasional. Untuk sisa tahun 2023, tim silat akan bersiap untuk latihan-latihan untuk menjaga performa dan stamina.

“Jadi untuk tahun 2023 setelah ini belum ada, kami akan kembali kejuaraan lagi pada tahun depan yang akan coba kami targetkan untuk mengikuti event Internasional,” pungkasnya. (DS)

× Hubungi Kami