Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ), Dr. S. Bekti Istiyanto, S.Sos., M.Si., menyatakan bahwa program studi Prodi S2 Ilmu Komunikasi UPNVJ semakin diminati masyarakat. Buktinya, meski prodi Prodi S2 Ilmu Komunikasi ini baru diluncurkan sejak tahun 2022 lalu, namun antusiasme masyarakat, khususnya calon Mahasiswa S2, terhadap Prodi S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ ini justru semakin tinggi dalam dua tahun terakhir.

“Kami sangat senang dengan antusiasme masyarakat terhadap Prodi S2 Ilmu Komunikasi UPNVJ,” ujar Bekti, dalam Press Conference (Konferensi Pers) untuk memperingati dua tahun Prodi Magister Ilmu Komunikasi (S2 Ilmu Komunikasi) di kampus UPNVJ di Pondok Labu, Depok, Jawa Barat, Kamis (21 Desember 2023). Hadir dalam acara ini adalah Wakil Dekan (Wadek) I, Dr. Fitria Ayuningtyas, M.Si.; Koordinator Prodi (Korprodi) S2 Ilmu Komunikasi, Munadhil Abdul Muqsith, Ph.D; serta beberapa dosen dan mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ.

Bekti Istiyanto menjelaskan tingginya animo masyarakat dan calon mahasiswa S2 untuk memilih Prodi S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan terhadap kualitas pendidikan yang diberikan oleh FISIP UPNV Jakarta. Sementara itu, Wadek I, Fitria Ayuningtyas menambahkan, bahwa kurikulum UPNVJ dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar dan pemangku kepentingan (stakeholder).

“Kurikulum Prodi S2 Ilmu Komunikasi UPNVJ dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar dan stakeholder. Karena tujuan penyusunan Prodi Ilmu Komunikasi ini memang untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja serta mampu bersaing di dunia kerja,” katanya. Menurut Fitria, Digital Media Communication atau Komunikasi Media Digital adalah salah satu mata kuliah (Matkul) yang menarik di Prodi S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ. Mata kuliah ini membahas tentang komunikasi media digital dari teori hingga praktik.

Sedangkan, Korprodi S2 Ilmu Komunikasi, Munadhil Abdul Muqsith menjelaskan, mata kuliah Digital Media Communication/Komunikasi Media Digital sangat penting untuk dipelajari di era digital ini. Mata kuliah ini, tambah Munadhil, akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang komunikasi media digital.

Disamping itu, menurut Bekti Istiyanto, lulusan Prodi S2 Ilmu Komunikasi UPNVJ memiliki banyak peluang karir. Mereka dapat bekerja di bidang seperti media massa, hubungan masyarakat, iklan, pemasaran, konsultan komunikasi, dan profesi lain. Bekti menegaskan; “Kami yakin lulusan Prodi S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ akan mampu bersaing di dunia kerja, karena kami selalu berupaya memberikan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing.”

Pada kesempatan tersebut, Prodi S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ juga memperkenalkan beberapa dosen yang sudah dan telah mengajar di program tersebut. Pada Prodi S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ, para dosen yang mengajar dipastikan memiliki pengalaman dan keahlian pada bidangnya masing-masing. Fitria Ayuningtyas meyakini bahwa dosen Prodi 2 FISIP UPNVJ dapat memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada para mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi. “Mahasiswa/i Angkatan Pertama (Angkatan 2022/2023) bahkan ada yang berhasil menyusun sejumlah artikel ilmiah di beberapa Jurnal Nasional SINTA 4. Ini menunjukkan bila dosen-dosen FISIP UPNVJ mampu mengasah kemampuan akademik para mahasiswa S2,” jelas Fitria.

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh oleh para mahasiswa penulis artikel ilmiah dengan mempublikasikan artikelnya di Jurnal SINTA. Salah satunya memperkaya pengalaman akademik: Publikasi artikel di Jurnal SINTA dapat memberikan pengalaman berharga bagi penulis dalam proses menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah. Hal ini dapat membantu dalam mengasah kemampuan penulisan bagi mahasiswa S2 FISIP UPNVJ dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan secara lebih luas. Bahkan, ada mahasiswa/i angkatan pertama S2 FISIP UPNVJ yang sudah mengikuti Konferensi Internasional yang diselenggarakan ASPIKOM pada tanggal 30-31 Agustus 2023 di Pekanbaru, Riau. Calon Mahasiswa baru Prodi S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ dapat mulai mendaftarkan diri pada bulan April 2024. Untuk mendapatkan informasi tambahan, Anda dapat mengunjungi website UPNVJ atau menghubungi Kontak Pendaftaran Prodi S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ.

× Hubungi Kami