Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Hari Jumat, tanggal 2 Februari 2024 HIMA HI mengadakan rapat kerja pertama di Laboratorium Diplomasi, FISIP UPNVJ. Rapat kerja pertama ini mengenalkan kepengurusan baru HIMA HI dengan nama kabinet widyatmaka. Di dalam kabinet widyatmaka terdapat 2 departemen dan 8 divisi yang akan memaparkan tupoksi dan program kerja masing-masing. Agenda pertama yaitu persiapan dan menunggu para anggota datang. Setelah persiapan, jam 08.15 WIB yaitu pembukaan dari Ketua dan Wakil Ketua HIMA HI.

Dilanjutkan dengan pengenalan tupoksi dari Badan Pengurus Harian (BPH) yang berisikan tupoksi dari sekretaris, bendahara, kepala departemen, dan wakil kepala departemen. Selanjutnya yaitu pengenalan dari divisi- divisi yang berada dibawah naungan departemen HRD. Divisi pertama yaitu, divisi Publication, Documentation, and Design (PDD) dengan tupoksi bertanggung jawab atas publikasi informasi berita serta kegiatan yang dilakukan HIMA HI melalui akun media sosial dan mendokumentasikan kegiatan-kegiatan HIMAHI baik berupa foto maupun video untuk publikasi.

Setelah pemaparan dari divisi PDD yaitu pemaparan dari divisi Youth Development. Tupoksi dari divisi ini adalah menyelenggarakan kompetisi, pelatihan, atau seminar sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa yang relevan dengan perkembangan dan kepentingan mahasiswa di bidang Hubungan Internasional. Setelah itu, pemaparan dari divisi Research yang berisikan tupoksi untuk melakukan penelitian mendalam mengenai isu-isu terkini dan relevan untuk memperkuat identitas akademik HI dan sebagai sumber informasi terkait HI dan mewadahi karya tulis KEMA HI yang ingin di publish dalam platform Medium HIMA HI.

Selanjutnya, pemaparan dari divisi Fundraising yang memiliki tupoksi mendukung pemasukan keuangan HIMA HI yang akan digunakan dalam pelaksanaan program kerja dan merancang, serta melakukan kerjasama dengan potensial sponsor atau pihak yang bersedia memberikan dukungan finansial.

Setelah pemaparan dari semua divisi yang berada dibawah naungan departemen HRD selesai, agenda yang selanjutnya yaitu ice breaking pada jam 10.00 WIB dengan bermain quizizz yang berisikan pertanyaan seputar HIMA HI Widyatmaka. Ice Breaking berlangsung selama 15 menit, setelah itu dilanjutkan dengan pengenalan dan pemaparan dari divisi-divisi yang berada dibawah naungan departemen sosial dan politik.

Divisi sospol pertama yaitu divisi internal yang memiliki tupoksi mengelola kolaborasi serta menjalin mitra antara HIMA HI dengan Ormawa, UKM, dan KSM yang berada pada lingkungan kampus, memfasilitasi hubungan antara mahasiswa aktif HIMA HI dengan para alumni HIMA HI, dan menangani komunikasi yang diterima dari akun media sosial HIMA HI. Selanjutnya divisi eksternal yang memiliki tupoksi menjalin koneksi antara HIMA HI dan entitas luar kampus, seperti lembaga pemerintah, swasta, dan lembaga internasional dan menjadi perwakilan HIMA HI dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (FKMHII).

Setelah itu, pemaparan dari divisi advokasi yang memiliki tupoksi melakukan observasi, penerimaan, evaluasi, dan penyaluran aspirasi dari KEMA HI kepada lembaga instansi kampus dan melakukan observasi, penerimaan, dan penyampaian informasi kepada KEMA HI berdasarkan informasi yang diterima dari lembaga instansi kampus.

Divisi terakhir yaitu, divisi Public Strategic Planning (PSP) yang memiliki tupoksi menjadi perwakilan KEMA HI dalam proses konsolidasi di tingkat universitas dan ikut serta dalam aksi demonstrasi, meneliti masalah-masalah sosial dan politik yang terjadi di lingkungan kampus, nasional, dan internasional, dan memfasilitasi komunikasi antara KEMA HI dan masyarakat untuk menyediakan bantuan atau penyuluhan yang diperlukan.

Setelah semua pemaparan selesai, beralih ke pembacaan gossip box selama 15 menit. Setelah itu, beralih ke agenda terakhir yaitu penutupan dari ketua dan wakil ketua HIMA HI. Setelah penutupan, dilaksanakannya dokumentasi dan pembersihan ruangan di jam 12.00 WIB.

× Hubungi Kami