Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Prodi Hubungan Internasional FISIP UPN “Veteran” Jakarta mengadakan sosialisasi budaya Indonesia di Indonesia Corner (Corner for Indonesian Studies) yang berlokasi di Kazakh Ablai Khan University of International Relations and World Languages (KAUIR & WL). Indonesian Corner menempati ruang yang cukup luas dan dilengkapi dengan foto Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, lambang Garuda, serta Bendera Merah Putih, juga berbagai materi promosi seperti buku-buku, leaflet, brosur, promosi wisata, serta beragam souvenir tradisional Indonesia termasuk pakaian adat dari Bali, dan lain sebagainya.

Sosialisasi kebudayaan Indonesia di Kazakhstan ini merupakan salah satu dari rangkaian agenda yang dibawa oleh dua orang delegasi UPN “Veteran” Jakarta, yaitu Koordinator Program Studi Hubungan Internasional Wiwiek Rukmi Dwi Astuti, S.IP., M.Si dan Sekretaris Program Studi M. Chairil Akbar Setiawan, S.IP., M.A. Acara dibuka oleh Murad Shamilov, Coordinator of International Relations, KAUIR & WR, yang memberikan kata pengantar dihadapan sekitar 40 orang mahasiswa. Kemudian, untuk memperkenalkan keragaman budaya Indonesia, delegasi UPN Veteran Jakarta menyampaikan presentasinya yang berjudul “Wonderful Indonesia”. Presentasi yang diberikan meliputi identitas Indonesia seperti bendera, bahasa, simbol; letak geografis dan berbagai keragaman yang dimiliki bahasa daerah, suku dan etnik, agama, dan budaya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan diskusi kelas, yang dipandu oleh 2 orang mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta yang sedang menjalani perkuliahan di KAUIR & WL sebagai mahasiswa pertukaran. Diskusi kelas berlangsung interaktif karena semua mahasiswa mengikutinya dengan antusias. Sebagai penutup kegiatan, sejumlah mahasiswa yang aktif berpartisipasi mendapatkan souvenir dari Indonesia.

Acara sosialisasi yang dilaksanakan menjadi perwujudan upaya mempererat hubungan kerja sama antara UPN “Veteran” Jakarta dan KAUIR & WL, khususnya untuk mendukung program pertukaran mahasiswa dan program Joint Degree S1 Hubungan Internasional yang akan dibuka tahun ini, tepatnya pada Tahun Ajaran 2024/2025.

× Hubungi Kami