Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ –  Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP, UPN “Veteran” Jakarta berkonsolidasi untuk meningkatkan layanan pendidikan. Hal ini diwujudkan melalui rapat rutin bulanan Jurusan Ilmu Komunikasi, yang dilaksanakan pada Selasa (26/3/2024). Ada beberapa tema utama yang menjadi topik, antara lain laporan akreditasi Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Reakreditasi Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, dan laporan kelulusan mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi sebanyak 2 mahasiswa.

Rapat rutin tersebut turut dihadiri Rektor UPN “Veteran” Jakarta, Anter Venus. Selain itu, peserta rapat lainnya yakni Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi, Munadhil Abdul Muqsith, dan Kepala Program Studi S1-Ilmu Komunikasi, Azwar. Selain itu juga turut dihadiri oleh para dosen Ilmu Komunikasi.

Rektor UPN “Veteran” Jakarta, Anter Venus menyatakan, jurusan harus mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Mulai dari fasilitas hingga kurikulum yang relevan dengan kondisi saat ini. Termasuk juga diantaranya adalah memperbaiki kultur akademis yang ada di kamus. “Target kita menciptakan keunggulan, kontribusi dosen materi pembelajaran bagus, dosen membuktikan dengan luaran publikasi,” terang Venus, Selasa (26/3/2024).

Selain peningkatan kualitas dosen, kampus juga mesti meningkatkan layanan pendidikan kepada mahasiswa. Venus menyebut, apalagi setelah berstatus sebagai Badan Layanan Umum (BLU), kampus harus bisa menomorsatukan mahasiswa dalam pelayanan. Dia juga mendorong, para dosen untuk selalu update dengan bahan ajar, dan referensi buku. “Tentunya, Rektor akan men-support 100% semua kebutuhan itu,” janji Venus.

Sementara itu, Kepala Program Studi S1-Ilmu Komunikasi, Azwar menyatakan peningkatan layanan berupa sarana dan prasarana diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Salah satunya yang cukup mendesak adalah ketersediaan ruangan untuk kelas dan ruang ujian. Menurutnya, hal ini menjadi bagian krusial dalam peningkatan layanan pendidikan. “Kebutuhan ini mendesak, untuk segera direalisasikan berupa kebutuhan ruangan sidang, dan ruang kuliah,” ujar Azwar.

Dalam kegiatan tersebut juga dibahas beberapa isu penting lain, seperti akreditasi FISIP yang harus segera meningkat dari B menjadi unggul, optimalisasi capaian indikator kinerja utama (IKU), peningkatan sarana berupa working space dan relaxation space, dan peningkatan jabatan fungsional oleh para dosen di institusi. (DS).

× Hubungi Kami