Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FisipUPNVJ – Moch. Aminul Islam, M.S.S – Senior Lecturer, Department of Media Studies and Journalism (MSJ), University of Liberal Arts Bangladesh (ULAB) menjadi dosen tamu di mata kuliah Komunikasi Kesehatan dalam rangka pertukaran dosen di Prodi S1 Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN “Veteran” Jakarta.

Beliau membahas tentang Crisis Communication in Health Communication pada hari Sabtu tanggal 23 Maret 2024 lalu. Perkuliahan berlangsung dari jam 10.00 – 11.30 waktu Jakarta atau 09.00 – 10.30 waktu Dhaka.

Kelas dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP, UPN “Veteran” Jakarta sekaligus Dosen Koordinator untuk mata kuliah Komunikasi Kesehatan, Dr. Fitria Ayuningtyas.

Perkuliahan tersebut juga dihadiri oleh Dra. Siti Maryam, M.Si. salah satu dosen pengampu mata kuliah tersebut beserta 60 mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komunikasi semester 6.

Beliau menerangkan bahwa dalam Komunikasi Kesehatan pasti akan adanya Komunikasi Krisis. Adapun komunikasi krisis adalah suatu komunikasi antara organisasi dengan masyarakat atau stakeholder dalam rangka menangani peristiwa atau informasi yang dapat membawa pengaruh buruk terhadap reputasi dan citra yang dimiliki oleh organisasi tersebut. Secara luas, pengertian komunikasi krisis merupakan pengumpulan, pengolahan, dan penyebaran informasi yang diperlukan untuk mengatasi situasi krisis. Komunikasi krisis berhubungan dengan upaya organisasi untuk mengelola dan merespons situasi yang tak terduga atau bencana yang mampu merusak reputasi, kepercayaan, atau kelangsungan operasional.

Antusiasme terlihat dari keaktifan mahasiswa untuk bertanya dan atau menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Mr. Aminul. Beliau pun membahas bahwa saat Pandemi COVID-19 lalu di Bangladesh terjadi Panic Buying yang serupa dengan apa yang terjadi di Indonesia saat itu.

Perkuliahan ditutup dengan foto bersama sebagai bentuk dokumentasi. Mr. Aminul pun berharap bahwa kolaborasi ini dapat terus berjalan dengan baik ke depannya.

× Hubungi Kami