Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Hari Rabu s.d. Jumat tanggal 19 s.d. 21 Juni 2024 dilakukan kunjungan Penjajakan Kerjasama di bidang Akademik dan Kemahasiswaan serta Benchmarking Tata Kelola Keuangan ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) yang beralamatkan di Jl. Prof. Dr. HR. Boenjamin 708 Kotak Pos 115 – Grendeng Purwokerto 53122.

Kunjungan tersebut dilakukan oleh Dr. Fitria Ayuningtyas selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Anwar Ilmar, M.I.P selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan dan Musa Maliki, Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (FISIP UPN “Veteran” Jakarta).

Kunjungan Dekanat FISIP UPN “Veteran” Jakarta disambut hangat oleh Dekanat FISIP UNSOED beserta jajarannya yaitu Dr. Wahyuningrat selaku Dekan, Prof. Dr. Slamet Rosyadi, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Mite Setiansah, S.IP., M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Tyas Retno Wulan, S.Sos., M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumnis serta jajarannya yang terdiri dari Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Koordinator Program Studi dan Sekretaris Program Studi di FISIP UNSOED.

Saat ini Indikator Kinerja Utama atau biasa disebut IKU khususnya IKU 1 dan 2 belum tercapai di FISIP. Sedangkan IKU 2 yang belum tercapai di level UPN “Veteran” Jakarta. Adapun IKU 1 yaitu Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak.

Indikator pencapaian instansi pendidikan atau PTN yang pertama dalam kebijakan Merdeka Belajar adalah lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak. Sehingga lulusan atau alumni dari suatu kampus mempengaruhi hasil pencapaian kampus tersebut. Semakin banyak alumni yang berhasil mendapat pekerjaan yang layak, atau mungkin menekuni wirausaha dan melanjutkan studi. Maka pencapaian IKU yang pertama ini sudah dikatakan berhasil.

Lewat ketetapan ini, maka diharapkan pihak kampus tidak hanya fokus dalam menyediakan kurikulum pendidikan yang memberikan ilmu pengetahuan. Namun juga membekali mahasiswanya dengan keterampilan yang punya nilai jual di dunia kerja atau di masyarakat. Supaya mereka tidak kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Sedangkan IKU 2 yaitu Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus. IKU kedua adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus. Meliputi kegiatan magang kerja, riset, proyek desa, pertukaran pelajar, berwirausaha, dan juga lewat kegiatan mengajar.

Melalui IKU ini diharapkan pihak kampus memberi fasilitas lebih kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri. Tidak hanya pasif di kelas namun melakukan kegiatan pembelajaran dengan model variatif, dan mampu memberi bekal keterampilan yang mumpuni. IKU 2 ini merupakan sinergi dari bidang akademik dan bidang kemahasiswaan.

Oleh karena IKU 1 dan 2 masih rendah di FISIP maka diperlukan adanya penjajakan kerjasama dan benchmarking di bidang Akademik dan Kerjasama khususnya Prestasi Mahasiswa dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kunjungan dari FISIP UPN “Veteran” Jakarta disambut baik oleh FISIP UNSOED, banyak hal yang didapatkan dari kunjungan ini karena banyak inovasi yang telah dilakukan oleh FISIP UNSOED seperti diharuskannya pengumpulan poin bagi mahasiswa dengan terlibat aktif di berbagai kegiatan sebelum lulus agar saat masuk ke dunia kerja tidak terlalu kaget serta akselerasi kegiatan MBKM dan Manajemen Talenta di level program studi dan fakultas yang saat ini belum gencar dilakukan oleh FISIP UPN “Veteran” Jakarta. Dengan adanya kegiatan dari kedua universitas ini, maka diharapkan dapat memberikan manfaat untuk jangka Panjang untuk pencapaian IKU bagi kedua universitas, sehingga dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa.

Foto bersama para wakil dekan dan jajaran UNSOED
× Hubungi Kami