Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Veteran Jakarta Model United Nations atau yang biasa dikenal sebagai VETAMUN merupakan program kerja tahunan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMA HI) UPNVJ, yang pada tahun 2024 berkolaborasi dengan Program Studi Hubungan Internasional UPNVJ dengan mengusung tema “Strengthening Global Collaboration for Stability and Sustainability World 2030”. VETAMUN 2024 berhasil dikuti dengan total 37 institusi pendidikan dari level universitas dan sekolah menengah atas dari berbagai wilayah Indonesia. Council-council yang terdapat di VETAMUN 2024 yakni UNICEF dan UNSC (Offline), serta  WHO dan UNEP (Online). Secara garis besar VETAMUN adalah kompetisi nasional sidang PBB yang merepresentasikan suatu negara untuk bernegosiasi dan berdiplomasi dalam memecahkan masalah-masalah tertentu. Pembukaan acara VETAMUN

2024 dilaksanakan di Auditorium Fakultas Kedokteran, UPNVJ Pondok Labu di hari Sabtu tanggal 20 Juli 2024. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan pembukaan dari MC oleh Kevin HI 23 dan Najla HI 23. Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Selanjutnya yaitu sambutan dari Yudhistira Rizqi HI 22 selaku ketua pelaksana, dilanjutkan dengan sambutan dari Abdillah Ibnu HI 21 selaku Ketua HIMA HI UPNVJ. Lalu sambutan yang terakhir yaitu dari Ibu Wiwiek Rukmi Dwi Astuti, S.IP., M.Si. selaku Ketua Program Studi Hubungan Internasional UPNVJ.

Setelah sambutan-sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan presentasi oleh narasumber   dari   Greenpeace   Indonesia  yang  bernama  Riska  Rahman  tentang  Green Economy.  Pada pukul 10.00 WIB para delegates dialokasikan ke ruangan sesuai council. Setelah para delegates masuk ke ruangan council, dilanjutkan kata pengantar dari Chair dan Co-Chair disetiap council. Pada pukul 10.50 – 11.50 WIB diadakannya committee session 1. Setelah  committee  session  1  selesai,  agenda berikutnya yaitu ISHOMA dari pukul 11.50 sampai  pukul  12.50  WIB.  Setelah  ISHOMA,  yaitu dilaksanakannya committee session 2 selama 60 menit. Lalu agenda berikutnya yaitu coffee break dari pukul 13.50 – 14.05 WIB. Setelah coffee break, dilanjutkan ke committee session 3 selama 60 menit. Selanjutnya, untuk menutup  agenda  hari  pertama  yaitu  memberi  pedoman  untuk  melanjutkan  debat  di  hari kedua.

Hari kedua VETAMUN 2024 dan juga hari terakhir dari agenda VETAMUN 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2024 di Selasar Gedung Dr. Wahidin Sudirohusodo Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta. dimulai dengan kedatangan para delegasi pada pukul 09.00 hingga 10.00 WIB. Pada waktu ini, para delegasi melakukan checkout dari hotel dan menempatkan barang bawaan mereka di area kampus, seperti di sekretariat HIMAHI atau

ruangan lain yang telah disediakan. Setelah itu, Committee Session 4 dimulai pada pukul

10.00 hingga 11.30 WIB, di mana para delegasi melanjutkan kegiatan Model United Nations (MUN) dan documentation session. Sesi ini diikuti dengan Coffee Break selama 15 menit, memberikan waktu singkat bagi para delegasi untuk beristirahat. Setelah Coffee Break, Committee Session 5  berlangsung dari pukul 11.45 hingga 12.45 WIB, di mana para delegasi kembali melanjutkan diskusi beserta documentation session. Kemudian, para delegasi memiliki waktu ISHOMA dari pukul 12.45 hingga 13.45 WIB. Committee Session 6 dimulai pada pukul 13.45 hingga 15.00 WIB, yang mencakup diskusi dan penyusunan draft resolusi. Setelah sesi ini, para delegasi memiliki waktu satu jam untuk mengirimkan pesan melalui Google Form dalam sesi “Gossip Box” yang akan dibacakan oleh Chairs & co Chairs dari pukul 15.00 hingga 16.00 WIB.

Pada sore hari, dari pukul 16.00 hingga 17.00 WIB, para delegasi memiliki waktu bebas  untuk  berfoto  di  photobooth  maupun  band rehearsal  yang  telah  panitia  sediakan. Setelah itu, mereka diarahkan ke tempat penutupan acara yang dimulai pada pukul 17.00 hingga  18.00 WIB. Acara penutupan beserta Awarding session Council UNICEF, UNSC, WHO  dan  UNEP  dengan  kategori  Best Delegate,Most Outstanding Delegate, Honorable Mention,Verbal  Commendation,  dan  Best  Position  Paper dari pukul 18.00 hingga 18.45, diikuti  dengan  dokumentasi  dan  performance Music selama sekitar 45 menit. Acara hari kedua ditutup dengan sambutan penutup oleh MC pada pukul 19.45 hingga 19.50 WIB, dan para delegasi memiliki waktu bebas hingga pukul 21.00 untuk berfoto dan menikmati pertunjukan yang telah panitia siapkan.

foto bersama hadirin vetamun
× Hubungi Kami