Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) telah menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional bertemakan Penguatan Nasionalisme kepada Masyarakat Indonesia di Malaysia berkerjasama dengan Ikatan Keluarga Muslim Indonesia (IKMI) Johor Baru.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Kompleks Dewan Ikram, Johor Baru, Malaysia.

“Alhamdulillah, kami sangat berbahagia bisa bersilaturahim dengan rekan masyarakat Indonesia di Johor untuk bersilaturahim dan memberikan sharing tentang nasionalisme dan penguatan modal sosial kepada pahlawan devisa dari berbagai daerah,” kata Dr. Munadhil ketua Tim PKM Internasional dan Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi UPNVJ.

Lebih lanjut, Munadhil berharap kegiatan ini sebagai bentuk Tridarma Perguruan Tinggi dalam upaya meningkatkan pemahaman dan skill khususnya kepada para pekerja migran di bidang ekonomi, sosial, ketahanan. “Akademisi dan mahasiswa harus juga memperhatikan masalah warga di luar yang perlu mendapatkan perhatian dan dukungan,” ujar Munadhil yang juga menjabat sebagai Ketua Juruasan Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ.

Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UPNVJ, Dr. Fitria mengatakan bahwa agenda ini terselenggara berkat kolaborasi dan dukungan dari banyak pihak, “ Ini merupakan kegiatan PKM Internasional pertama yang dilaksanakan oleh Dosen FISIP UPNVJ. Saya berterima kasih kepada Rektor, seluruh Wakil Rektor, LPPM khususnya Ketua LPPM, Dekan FISIP UPNVJ dan mitra kita yaitu IKMI Johor Bahru dan Universiti Teknologi MARA/UiTM atas dukungan dan bantuannya,” imbuh Fitria.

Dr. Faisal selaku Ketua IKMI Johor Bahru pun mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengatakan kegiatan ini bagus untuk meningkatkan persatuan dan modalitas sosial bagi para pekerja kilang di Johor terutama, “Kami berbahagia di datangi oleh civitas akademik dan mahasiswa dari UPN Veteran Jakarta. Kami berharap kegiatan dan kerjasama ini dapat terus berkelanjutan kedepannya, “ ujarnya.

Kegiatan PKM Internasional ini difokuskan pada penguatan nasionalisme bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Malaysia. Kegiatan yang diadakan di Kompleks IKRAM Johor ini juga diikuti oleh 12 mahasiswa dari berbagai program studi di FISIP UPNVJ. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu hari Sabtu dan Minggu, tanggal 3-4 Agustus 2024 dimulai dari pukul 09.00 hingga 15.00 UTC, dan dihadiri oleh 30 anggota dari Ikatan Keluarga Muslim Indonesia (IKMI) Johor Bahru pada hari pertama serta 50 anggota pada hari kedua.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Tamsir, Presiden IKMI Johor Bahru, yang mengapresiasi kerjasama ini dan berharap kegiatan serupa dapat berlanjut di masa mendatang.

Dalam rangkaian acara ini, lima dosen FISIP UPN Veteran Jakarta memberikan materi yang bervariasi, mulai dari penguatan 4 pilar kebangsaan, kebiasaan mengelola uang dengan baik, literasi digital, hingga pelatihan soft skill.

Materi ini diharapkan mampu memberikan wawasan dan keterampilan yang bermanfaat bagi para pekerja migran Indonesia yang berada di Malaysia.

foto bersama dosen pendamping dan peserta short course

Sumber berita

× Hubungi Kami