Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Mengacu kepada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 433-480/UN61.0KP.01.06/2023 tentang pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) hari ini, Rabu (01/03), melaksanakan pelantikan dan sumpah PNS bertempat di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika.

Pada kesempatan ini diketahui ada sebanyak 49 PNS yang dilantikan terdiri atas 47 dosen dan 2 tendaga pendidik. Para peserta dilantik langsung oleh Rektor UPNVJ dengan mengambil sumpah didampingi oleh rohaniawan sesuai dengan agama masing-masing menandakan bahwa sumpah yang diucap tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada lembaga (dalam hal ini UPNVJ) namun juga kepada Tuhan.

Seusai pelantikan, Rektor dalam sambutannya menunjukkan rasa bangga sekaligus berpesan kepada ke-49 PNS yang telah resmi dilantik. Dr. Anter Venus menganggap hari pelantikan dan angkat sumpah ini sebagai peristiwa penting dan bersejarah bagi masing-masing individu yang dilantik dan juga bagi UPNVJ sendiri.

Venus menekankan bahwa sebagai Perguruan Tinggi, UPNVJ harus mendukung tujuan negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Oleh karenanya Venus berharap ke-49 PNS yang baru dilantik khususnya dosen harus memiliki kecerdasan, kapasitas, dan kompetensi, dan professional, “Kita harus terus memperbaiki diri kita. Anda sebagai dosen harus bisa menjadi pendidik profesional di bidang keilmuan anda.” Tutur Venus dalam sambutannya.

UPNVJ dikabarkan tengah memberlakukan konsep catur darma di mana ada satu kewajiban tambahan selain tri darma pengabdian kepada masyarakat, pengajaran, dan penelitian. Satu hal lagi yang menurut Venus penting untuk dilaksanakan adalah pengabdian kepada lembaga dan memberikan kontribusi dengan membawa nilai-nilai budaya PIKIR (professional, integritas, kejuangan, inovatif, dan responsif).

Sebagai salah satu kampus yang diamanahi julukan kampus bela negara, Venus menuntut para dosen untuk menjadi penyokong Pancasila dan UUD 1945. Kedua hal tersebut harus menjadi bagian yang dipikirkan termasuk dengan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara.

Tidak hanya itu, Venus berpesan seluruh PNS harus mengutamakan pelayanan prima sebab misi utama PTN-BLU adalah pelayanan, “… Dalam mengajar harus up to date kalau perlu menggunakan bahan ajar yang sangat terbaru. Jika dibutuhkan kita akan fasilitasi.” Ujarnya.

Terakhir, Rektor berharap para PNS yang dilantik hari ini dapat menjadi representasi negara. Ada gerakan yang dapat membawa perubahan yang lebih baik lagi terutama pada universitas, “Saya harap ya, saudara-saudara sekalian menjadikan kerja ini sebagai ibadah, jadikan sebagai sarana aktualisasi, jadilah akademik leader yang memiliki pemahaman dalam bidangnya masing-masing.” Tutup Venus dilanjut dengan memberikan selamat kepada para peserta pelantikan.

Sumber: Humas UPNVJ

× Hubungi Kami