Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta

FisipUPNVJ – Pengembangan pendidikan tidak hanya bermodalkan dosen yang memiliki pengalaman kerja sebagai praktisi maupun yang turut berpartisipasi dari berbagai kegiatan ilmiah di berbagai forum dan konferensi, namun dalam pengembangan Pendidikan juga dapat dijalin melalui kerja sama dengan institusi Pendidikan dilua perguruan tinggi asal baik dengan Lembaga Pendidikan formal maupun informal.

Seperti halnya dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) dalam menjalin kerja sama dengan Fakultas ILmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO) Surabaya dan PT. GreatEdu Global Mahardhika Jakarta melalui penandatanganan Perjanjian Kerja sama (PKS) dengan dua institusi Pendidikan sekaligus yang diselenggarakan pada hari Jum’at (12/07) di ruang Bhineka Tunggal Ika (BTI), lantai 4 Gedung Rektorat UPNVJ pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Kerja sama dengan UNITOMO dan The GreatEdu ini didasari pada bentuk pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) antara FISIP UPNVJ dengan FIKOM UNITOMO dan The GreatEdu terutama dalam hal implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang juga untuk peningkatan kualitas pengembangan pembelajaran dan berbagai pengetahuan untuk mahasiswa/I FISIP UPNVJ kedepannya.

Adapun dalam program kegiatan Kerja sama ini diselenggarakan mulai dari program Kerja sama Pendidikan dengan UNITOMO dalam bentuk Pertukaran Dosen, Mahasiswa, serta melakukan Kerja sama di bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Selain itu menjalin Kerja sama dengan Lembaga Pendidikan Informal yang juga Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) The GreatEdu dalam pelaksanaan Studi Independen bersertifikat untuk mahasiswa serta pelatihan pengembangan kompetensi maupun praktisi Mengajar.

Menurut S. Bekti Istiyanto, Dekan FISIP UPNVJ mengatakan bahwa bentuk penandatangana PKS sebagai pengakuan administratif Fakultas untuk meningkatkan potensi fakultas dalam kolaborasi dengan Dunia Pendidikan di multisektor “Bentuk Kerja sama ini sebagai upaya untuk memenuhi pelaksanaan MBKM terutama dalam kolaborasi lintas perguruan tinggi maupun Dunia Usaha Dunia Industri yang diwujudkan melalui penandatanganan PKS,” ujar Bekti saat memberikan sambutan.

Kompetensi mahasiswa Pendidikan tinggi perlu diperhatikan bukan hanya sebatas pembelajaran teoritis yang biasa didapat didalam kelas perkuliahan, namun juga perlu didukung pembelajaran keahlian diluar perguruan tinggi, seperti halnya dengan Lembaga Pendidikan kompetensi non formal yang lebih mengedepankan keahlian ketimbang kemampuan teoritisnya “Oleh karena itu GreatEdu menjalin Kerja sama dengan FISIP UPNVJ ini melalui program Studi Independen ini untuk memberikan pelatihan kompetensi Mahasiswa terutama dalam kompetensi keahlian di bidang Data Science, Data Analyst, dan UI/UX.

Tentunya bentuk kerja sama ini diharapkan menjadi  hubungan yang simultan, bersinergi antara perguruan tinggi dengan GreatEdu serta adanya hubungan yang saling menguntungkan,” ujar Amrullah, Vice President The GreatEdu.

Tidak hanya dengan GreatEdu, kerja sama dengan FIKOM UNITOMO juga menjadikan kolaborasi dalam Pendidikan formal khususnya Pendidikan Tinggi dalam hal pertukaran Dosen dan Mahasiswa. Seperti dikatakan oleh Nur’annafi Farni Syam Maella atau yang akrab disapa Anna, Ketua Program Studi S2 Ilmu Komunikasi UNITOMO mengatakan bahwa Pertukaran ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman pembelajaran dan pengajaran yang berbeda “Kita sangat berterima kasih kepada FISIP UPNVJ atas sambutannya dan juga melalui Kerja sama ini menjadi pengalaman baru bagi dosen dan mahasiswa dalam program pertukaran yang diselenggarakan dari kedua Fakultas Perguruan Tinggi yang berbeda.

Kami harapkan bisa menjadi hubungan Kerja sama serta keberlanjutan untuk kedepannya dalam pengembangan pembelajaran lintas perguruan tinggi,” ujar Anna dihadapan audiens Dosen FISIP UPNVJ.  

Foto bersama dengan UNITOMO, GreatEdu dan peserta hadirin
Penandatanganan Kerja Sama dengan Pihak The GreatEdu
× Hubungi Kami