Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  UPNVJ telah berhasil membentuk kesepakatan kerjasama dengan Fakultas Hubungan Internasional Kazakh Ablai Khan University of International Relations and World Languages. Dalam kunjungan ke Kazakh Ablai Khan University yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UPNVJ Dr. Anter Venus dan Dekan FISIP Dr. Dudy Heryadi  mendapat sambutan yang baik dari Dekan Fakultas Hubungan Internasional associate professor Gaziza Kurpebayeva, Kepala Studi Regional Nurlan Muminov, Ph.D., Penanggungjawab bidang kerjasama Murad Shamilov dan Penanggungjawab bidang akademik Ainash Ashimova, serta Dosen Senior Ruslan Zhakupov dan Samat Uralbayev.

Sebelumnya Kantor Urusan Internasional UPNVJ telah membuka peluang kerjasama dengan beberapa universitas luar negeri, salah satunya adalah Fakultas Hubungan Internasional Kazakh Ablai Khan University. Penjajakan yang sudah dibangun secara daring oleh masing-masing pihak telah dilakukan sejak tahun lalu, bahkan nota kerjasama sudah ditandatangani sejak bulan Desember 2021 di kampus UPN Veteran Jakarta.

Sejalan dengan visi UPNVJ yaitu menjadi universitas negeri berskala internasional, Dekan FISIP bersama Kazakh Ablai Khan telah menyepakati kerjasama dalam bentuk student exchange sebanyak 10 orang mahasiswa yang akan belajar selama satu semester di masing-masing pihak, pertukaran dosen untuk melakukan pengajaran baik secara luring maupun daring, mempersilakan / mengundang dosen dari masing-masing pihak untuk mempublikasikan penelitiannya pada jurnal ilmiah yang dimiliki oleh pihak lainnya, pertukaran pembicara pada berbagai seminar yang dilaksanakan di fakultas/universitas masing-masing, serta akan dilaksanakannya kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah bersama antara dosen di kedua fakultas.

Selain lima poin kerjasama diatas, kedua pihak sepakat untuk memperluas jalinan kerjasama di bidang bahasa, dengan mengupayakan memberikan pengajaran bahasa masing-masing pihak kepada pihak lainnya, yakni Bahasa Indonesia kepada mahasiswa Kazakh Ablai Khan University, dan Bahasa Kazakhstan kepada mahasiswa di UPNVJ.

Dekan FISIP berharap dapat merealisasikan kesepakatan tersebut mulai semester ganjil TA 2022/2023 sehingga dapat semakin mempererat hubungan dengan Kazakh Ablai Khan University of International Relations and World Languages sampai tahun-tahun selanjutnya.

× Hubungi Kami