Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – KSM (Kelompok Studi Mahasiswa) dari Frame of Photography (FOP) melakukan suatu rangkaian kegiatan yang mana kegiatan tersebut merupakan proker tetap dari Frame of Photography (FOP) itu sendiri. Pada 13 Juli 2022 silam, Frame of Photography (FOP) telah melaksanakan suatu acara yang diadakan sebanyak satu kali selama satu tahun kepengurusan yang diberi nama Studio Session. Studio Session atau biasa disebut sebagai sesi yang dilaksanakan di studio merupakan suatu kegiatan dalam rangka memberikan ilmu kepada seluruh anggota aktif KSM Frame of Photography (FOP) dengan memanfaatkan studio yang dimiliki KSM Frame of Photography itu sendiri. Adapun studio yang dimiliki oleh KSM Frame of Photography berada di gedung FISIP UPN Veteran Jakarta. Pemberian materi yang dilaksanakan pun dilakukan oleh Alumni dari Frame of Photography, yakni Bang Sendie Nurseptara.

Tema yang diangkat dalam Studio Session ialah Food Photography atau yang biasa disebut fotografi dalam konteks makanan dalam kalangan orang-orang awam. Food Photography dinilai merupakan tema yang tepat dikarenakan fasilitas, tempat, dan suasana yang lebih mendukung dalam pemberian materi serta pada praktiknya. Alasan lain mengapa mengangkat tema tersebut yakni karena bersamaan dengan tema jelajah yakni Food Photography pula. Jelajah turut menjadi salah satu proker tetap Frame oh Photography pada periode saat ini yakni dengan memasukkan foto-foto terbaik yang dihasilkan oleh masyarakat Frame of Photography dan Eksternal yang nantinya akan dibukukan dalam bentuk FOPZine.

Pelaksanaan Studio Session yang dilakukan pada 13 Juli 2022 silam rupanya memiliki tingkat antusiasme yang cukup tinggi. Setidaknya sekitar 30 orang anggota aktif KSM Frame of Photography turut berpartisipasi dan menghadiri pelaksanaan Studio Session tersebut. Hal ini dinilai cukup tinggi mengingat anggota aktif dari Frame of Photography itu sendiri terdiri dari 39 orang dan memiliki tingkat persentase kurang lebih 76% dari total keseluruhan anggota aktif yang ada. Pelaksanaan Studio Session pun dilaksanakan dengan pemberian materi yang dilakukan oleh pemateri selama kurang lebih 2 jam dari pukul 10:30 hingga 12:30 dan dilanjutkan dengan pelaksanaan praktik pada 13:30 hingga 15:15 serta diselingi oleh Ishoma pada pukul 12:30 hingga 13:30. (Sumber: Frame of Photography)