Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Badan Kesatuan Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol DKI Jakarta) Jakarta sukses menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika” di Hotel Sunlake, Jakarta Utara. Acara ini diprakarsai untuk mengatasi masalah kritis terkait penyalahgunaan dan peredaran narkoba di ibu kota. Tujuh orang mahasiswa HI FISIP UPNVJ beserta 2 orang dosen pendamping yakni Laode Muhammad Fathun,M.H.I, dan Nurfarah Nidatya,MAIR menghadiri acara tersebut sebagai bentuk dedikasi para generasi muda dalam mengatasi tantangan sosial. (Jakarta, 3 Agustus 2023)

Dr. Taufan Bakri, M.Si., Ketua Kesbangpol DKI Jakarta, membuka acara yang dihadiri tokoh-tokoh dan pakar di bidangnya. Para pwmbicara tersebut diantaranya termasuk Adipura Prabahaswara – Aktor Senior Ternama, Ramdhani Hasbullah – Tokoh Masyarakat dan Ikon Budaya Betawi Serta Dr. SOIMAH, M.Pd.I – Subkoordinator Pemahaman Keagamaan dan Sastra Islam, Bidang Keislaman, Kementerian Agama, Provinsi DKI Jakarta

Acara ini bertujuan untuk menjelaskan visi Jakarta menjadi kota global dan kebutuhan mendesak untuk memerangi ancaman narkotika. Pembicara membahas strategi dan inisiatif komprehensif untuk memastikan Jakarta tetap menjadi kota bebas narkoba. Acara ini dihadiri oleh 100 mahasiswa dari berbagai latar belakang akademisi yang mewakili 10 universitas di Jakarta seperti UPN Veteran Jakarta, Universitas Bung Karno ,  Universitas Negeri Jakarta, Universitas 17 Agustus 1945 , Politeknik STIA LAN Jakarta , Universitas Esa Unggul, Universitas Terbuka , Universitas Kristen Indonesia , Universitas Nasional, serta Universitas Paramadina.

Partisipasi mahasiswa yang beragam dari berbagai disiplin ilmu menggarisbawahi keprihatinan luas tentang dampak merugikan dari narkotika pada masyarakat dan kebutuhan mendesak untuk tindakan kolaboratif.

Dalam sambutan pembukaannya, Dr. Taufan Bakri menekankan pentingnya upaya bersama dalam pemberantasan narkoba di Jakarta. Beliau mengatakan, “Seiring dengan visi kami di masa depan Jakarta sebagai kota global, sangat penting untuk menghadapi ancaman narkotika yang mengancam struktur masyarakat kita. Acara ini berfungsi sebagai platform untuk membahas langkah-langkah efektif dan membangun tanggung jawab bersama dalam menciptakan lingkungan bebas narkoba. untuk warga negara kita”

Acara ini menyaksikan diskusi yang menggugah pikiran, analisis mendalam, dan pertukaran wawasan berharga baik dari pembicara maupun peserta mahasiswa. Kebijaksanaan kolektif dan semangat proaktif yang ditampilkan dalam acara tersebut telah memperkuat komitmen masyarakat Jakarta dalam memerangi penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

× Hubungi Kami