Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ — Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UPN “Veteran” Jakarta, Anzalna Haerunnisa berhasil meraih juara 3 Kelas A Putri Dewasa dalam cabang olahraga pencak silat. Anzalna mewakili UPN “Veteran” Jakarta, dalam ajang Pesta Olahraga Antar Mahasiswa Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Ajang olahraga tersebut diselenggarakan pada 17 hingga 29 Mei 2023 dalam rangka Dies Natalis Universitas Negeri Jakarta ke-59. Selain itu, Anzalna juga berhasil meraih peringkat ke-3 dalam Pertandingan Kelas B Putri Dewasa Kejuaraan Pencak Silat Indonesia Paku Bumi Open 11 International Championship. Kejuaraan ini diselenggarakan pada 2-5 Maret 2023 di Futsal Jatinangor Gymnasium, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

“Saat ini saya juga sedang menunggu sertifikat untuk hasil Pomprov DKI Jakarta peringkat 2 yang diselenggarakan 24-26 Juli 2023 yang bertempat di GOR Cempaka Putih, Jakarta Pusat,” kata Anzalna, Senin (7/8/2023).

Anzalna mengaku sudah sejak lama mendalami olahraga pencak silat. Terhitung sejak dirinya duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Dibangku sekolah menengah atas (SMA) minat pada olahraga tetap digelutinya. Dia pun rajin mengikuti berbagai pertandingan dan kejuaraan untuk memperkaya pengalaman tanding. 

“Saya juga latihan di Pusat Pembinaan Latihan Mahasiswa (PPLM) dibawah binaan Dispora DKI Jakarta. Waktu latihan bisa 6 hari dalam sepekan,” terangnya.

Dalam sehari, durasi latihan yang dilakukan berkisar 2-2,5 jam. Anzalna juga menambah jam latihan di luar latihan reguler yang biasa dia jalani. “Kalau latihan di PPLM pagi, biasanya saya sore hari tambah latihan sendiri,” imbuhnya.

Hal ini membuat dirinya cukup padat dengan kegiatan latihan. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat dirinya untuk bisa berprestasi di bidang akademik. Untuk mempertahankan nilai atau prestasi akademik, dirinya berupaya memaksimalkan waktu belajar selama di kampus. Selain itu, dia juga mengoptimalkan pelajaran dengan mengikuti les bimbel dan khusus bahasa inggris.

“Sehingga manajemen waktu menjadi hal yang sangat penting,” terang atlet yang tergabung dalam perguruan silat Merpati Putih itu.

Dengan prestasi yang dimiliki, Anzalna juga mendapat kemudahan ketika masuk ke dunia kampus. Berbagai setifikat kejuaraan yang telah dimilikinya, menjadi bekal dan penilaian positif dirinya. Prestasi yang dicapai Anzalna, tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, terutama orang tua. Selain itu, ada pula para pelatih, guru, dosen dan teman-temannya.

Dia pun berharap bisa mempertahankan prestasi akademik dan non-akademik. Sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. “Cita-cita saya dimasa kedepannya saya ingin lulus tepat waktu dengan IPK diatas 3,5. Saya juga bercita-cita menjadi juara di event-event bergengsi lainnya (non – akademik),” pungkasnya. (DS)

× Hubungi Kami