Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Jurusan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jakarta bekerjasama dengan Departemen Ilmu Politik University of the Philippines Diliman menggelar acara Writing Workshop for International Journal meningkatkan kapasitas dan kompetensi peneliti pemula. Kegiatan ini difokuskan untuk membantu para dosen pengajar dan peneliti agar mampu mempublikasikan karyanya di jurnal-jurnal berakreditasi Scopus.

Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus 2023, mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Mengadaptasi kondisi saat ini, pelaksanaan workshop dilakukan secara hybrid, menggabungkan metode tatap muka di lab. Diplomasi FISIP UPNVJ dengan platform Zoom bagi mereka yang berpartisipasi secara daring.

Menariknya, workshop kali ini dimeriahkan oleh kehadiran narasumber-narasumber terkemuka di bidang ilmu politik dan penelitian. Dua narasumber berasal dari University of the Philippines Diliman adalah Ketua Departemen Ilmu Politik Prof. Aries Arugay. Beliau juga berpengalaman sebagai editor dari beberapa jurnal internasional, salah satunya sebagai ditor dari Jurnal Asian Politics and Policy (Scopus Q3). Narasumber kedua dari University of the Philippines Diliman adalah Prof. Maria Ela Atienza. Beliau juga berpengalaman sebagai editor dari Philippines Political Science Journal (Scopus Q2). Dan pembicara dari dalam negeri adalah Moch. Faisal Karim, Ph.D, dari Binus University. Beliau saat ini mengelola jurnal internasional dan menjabat sebagai Editor dari Journal of ASEAN Studies (Scopus Q2).

Kegiatan workshop ini dimulai dengan pembukaan dari Musa Maliki, Phd., Wakil Dekan III Fisip UPN Veteran Jakarta menyampaikan harapannya untuk acara ini dapat menambah representasi artikel internasional dari global south sehingga bisa secara egaliter berdialog dan share worldview dengan global north.

“Kami berharap, melalui workshop ini, para peneliti pemula mendapatkan wawasan, teknik, dan panduan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas penulisan mereka, sehingga mampu memenuhi standar jurnal berakreditasi Scopus,” ujar perwakilan dari  Dr. Ardli Johan Kusuma Ketua Jurusan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jakarta.

× Hubungi Kami