Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Pembukaan sekaligus hari pertama pelaksanaan pengenalan HI UPNVJ kepada mahasiswa baru 2023, IRONMAN 5.0 dimulai pada pukul 08.30 WIB yang sebelumnya pada pukul 07.00 WIB sudah dilakukannya registrasi. Acara dibuka oleh MC yaitu Fadlan dari angkatan 2021 dan Fitria angkatan 2022 dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara dilanjut dengan beberapa sambutan yaitu oleh Project Officer IRONMAN 5.0 Irwansyah, Ketua HIMA HI UPNVJ Lumongga Jeanetta, dan terakhir Kaprodi HI UPNVJ Wiwiek Rukmi Dwi Astuti, S.IP., M.Si. Pada hari pertama IRONMAN 5.0 terdapat 4 materi yang akan diberikan kepada mahasiswa baru. Materi 1 adalah mengenai HIMAHI 101 : ”BRAVERY: Embrace Diversity, Empower Diplomacy” disampaikan oleh Ketua dan Wakil Ketua HIMA HI UPNVJ.

Materi tersebut mengenai pengenalan HIMA HI UPNVJ secara general juga program-program kerja yang dilaksanakan dan dilanjut dengan sesi tanya jawab. Kemudian Materi 2 mengenai Trade Routes of the Past (Perekonomian Global) yang dibawakan oleh dosen HI UPNVJ Nurmasari Situmeang, M.Si. Materi tersebut berisi tentang apa itu perdagangan internasional, faktor pendorong, manfaat, dan kebijakan dari perdagangan internasional juga prinsip GATT/WTO untuk aktivitas dagang/bisnis. Setelah penyampaian materi tersebut dilakukan sesi tanya jawab yang dimana antusiasme mahasiswa baru 2023 sangatlah baik dikarenakan banyaknya pertanyaan yang disampaikan. Untuk menciptakan suasana yang seru agar para maba tidak bosan dalam menjalankan rangkaian acara IRONMAN 5.0, pada pukul 11.40 WIB Ice Breaking yang dilaksanakan dan  dipandu oleh divisi acara yaitu tebak lagu sukses membuat para maba menikmati games tersebut dan menghilangkan rasa bosan atau kantuk.

Dilanjut dengan Materi 3 yaitu Conflict and Cooperation in Ancient World (Keamanan dan Konflik) yang disampaikan oleh dosen HI UPNVJ Rizky Himawan, S.IP., M.Si. Materi tersebut berisi tentang makna konflik, konflik peradaban, faktor konflik, konflik dan masa depan yang kemudian dilanjut sesi tanya jawab oleh para maba. Pada pukul 11.45 sampai 12.45 para maba dan panitia melakukan ISHOMA selama 60 menit. Materi 4 adalah materi terakhir pada hari pertama IRONMAN 5.0 yaitu mengenai International Relations Champions Connect 2023 (IRCC) yang disampaikan oleh M.Syaidane Althaf selaku ketua divisi youth development HIMA HI UPNVJ, Rafsya, dan Naoka perwakilan dari mahasiswa aktif angkatan 2021. Materi tersebut berisi tentang tips and trick untuk tetap menjalani kehidupan yang seimbang antara kuliah, organisasi, maupun pengalaman-pengalaman di luar kampus. Setelah penyampaian materi dilanjut dengan sesi tanya jawab dan ice breaking dengan Kahoot. Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian informasi mengenai Model United Nations (MUN) oleh panitia divisi MUN dan dilanjut dengan sesi tanya jawab. Hari pertama IRONMAN 5.0 ditutup dengan sesi dokumentasi dan penutupan oleh MC pada pukul 15.00 WIB.

× Hubungi Kami