Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

FISIP UPNVJ – Senat Mahasiswa di tingkat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jakarta melaksanakan kunjungan studi (Edukasi Parlemen) ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 19 September 2023. Kunjungan studi oleh Senat Mahasiswa FISIP UPNVJ dilaksanakan secara offline langsung di Gedung DPR RI, Jakarta serta diikuti oleh 80 anggota Senat Mahasiswa FISIP UPNVJ dan 66 peserta internship. Senat Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jakarta memiliki tanggung jawab dalam merumuskan peraturan dan melakukan pengawasan di lingkungan kampus. Dalam upaya untuk lebih efektif dalam perannya sebagai badan legislatif, Senat Mahasiswa FISIP bertujuan untuk mengorganisir kunjungan ke DPR RI sebagai bagian dari upaya mereka.

Kunjungan studi yang dilaksanakan oleh Senat Mahasiswa FISIP UPNVJ ke DPR RI ini dijalankan dalam rangka meningkatkan peran SM FISIP sebagai badan legislatif di lingkungan FISIP UPNVJ. Senat Mahasiswa FISIP UPNVJ juga melaksanakan kegiatan edukasi parlemen ini bertujuan untuk wadah pendekatan pendidikan parlemen, sehingga peserta dapat memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai tugas dan fungsi DPR RI sebagai wakil rakyat. 

Dalam sambutannya sebagai dosen pendamping, Asep Kamaluddin menjelaskan maksud kedatangan rekan mahasiswa sebagai bagian dari pembelajaran dan guna menambah wawasan khususnya fungsi DPR dan proses penyusunan undang undang .

Peserta study visit memiliki kesempatan untuk memahami bagaimana mekanisme pengambilan keputusan berfungsi, peran pengawasan, dan dinamika interaksi antara anggota DPR RI dengan pemerintah, masyarakat, serta pemangku kepentingan lainnya. Program kunjungan ini juga dirancang untuk menjadi lebih menarik dengan melibatkan peserta dalam pertemuan dengan anggota DPR RI, mengikuti sesi diskusi, dan mengunjungi berbagai fasilitas serta ruang kerja di gedung DPR RI.

Kunjungan Studi (Edukasi Parlemen) yang dilaksanakan oleh Senat Mahasiswa FISIP UPNVJ ke DPR RI dimulai dengan keberangkatan menuju Gedung DPR RI. Kemudian, agenda kegiatan dilanjutkan dengan tour keliling DPR RI yang langsung dipandu oleh petugas dari DPR RI selama 2 jam. Pada akhirnya, kegiatan kunjungan studi ini ditutup dengan kepulangan rombongan menuju Kampus UPNVJ. 

Kegiatan edukasi parlemen ini dilaksanakan agar panitia, anggota SM FISIP serta mahasiswa internship memperoleh peningkatan wawasan informasi dari DPR RI sebagai badan legislator yang bertanggung jawab dalam pembuatan undang-undang, dapat mengakses beragam informasi terkini dan isu-isu politik yang relevan dari DPR RI serta memahami secara lebih rinci peran pengawasan yang dijalankan oleh DPR RI dalam mengawasi kinerja pemerintah.

Tidak hanya itu, edukasi parlemen yang dilakukan oleh Senat Mahasiswa FISIP UPNVJ juga memiliki maksud dan tujuan, melalui kegiatan kunjungan studi ini mahasiswa dapat mengetahui bagaimana DPR RI membuat sebuah peraturan perundang-undangan, mahasiswa mengetahui berbagai landasan, kepentingan dan alasan yang melandasi DPR RI untuk merumuskan sebuah peraturan perundang-undangan, mahasiswa mengetahui cara DPR RI dalam mengawasi jalannya pemerintahan, mahasiswa mengetahui cara DPR RI berkoordinasi dengan lembaga terkait, serta mahasiswa mengetahui fungsi-fungsi yang dimiliki oleh DPR RI dan implementasinya. 

× Hubungi Kami